Daerah Jum'at, 25 Februari 2022 | 16:02

GMKI Minta Susanti Lanjutkan Pembangunan Tugu Raja Siantar

Lihat Foto GMKI Minta Susanti Lanjutkan Pembangunan Tugu Raja Siantar Wakil Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani. (Foto: Instagram)
Editor: Tigor Munte

Siantar - Wakil Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani diminta melanjutkan pembangunan Tugu Sangnaualuh Damanik. Pembangunan sempat berjalan, tapi mangkrak di era Wali Kota Hefriansyah.

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun menyampaikan hal itu dalam keterangan tertulis, Jumat, 25 Februari 2022.

Organisasi mahasiswa ini menyebut beberapa tugas besar yang harus diselesaikan Susanti di Kota Pematangsiantar setelah dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada 22 Februari 2022.

"Di antaranya meneruskan kembali pembangunan Tugu Sangnaualuh yang mangkrak sampai sekarang," kata Ketua GMKI Juwita Panjaitan.

Ada pula temuan Badan Pemeriksa Keuangan bahwa terjadi pemborosan keuangan daerah hampir Rp 1 miliar, namun tidak memberikan manfaat apapun bagi warga Kota Pematangsiantar. Ini menurut GMKI harus menjadi atensi Susanti.

Baca juga: Wakil Wali Kota Siantar Disambut Ucapan Selamat dari Para Kepsek Terzalimi

Susanti juga diminta segera melanjutkan pembangunan atau perbaikan Gedung Olahraga (GOR) di Jalan Merdeka. Kondisinya kini sudah sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak pakai.

GMKI tak lupa menyoroti kasus-kasus korupsi yang terjadi di masa Wali Kota Hefriansyah. Para pelakunya adalah ASN di lingkungan Pemko Pematangsiantar. GMKI berharap kejadian serupa tidak terulang di masa pemerintahan Susanti.

"Kami berharap Susanti menerapkan good governance yang diartikan sebagai perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik. Wujud dari tata kelola pemerintahan yang baik ditandai adanya pemerintahan yang demokratis dan tidak anti kritik seperti yang ditunjukkan oleh wali kota sebelumnya," kata Juwita.

Juwita mengingatkan bahwa GMKI akan menjadi mitra kritik dan kolaborasi bagi pemerintahan yang baru dalam menjalankan setiap program kerjanya.

Sebelumnya, GMKI juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian Wali Kota Hefriansyah selama menjabat sejak 2017. "Terima kasih atas pengabdian Hefriansyah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya