Daerah Selasa, 12 Maret 2024 | 20:03

Golkar Juara di Simalungun, Ketuanya Beber Resep Pemenangan

Lihat Foto Golkar Juara di Simalungun, Ketuanya Beber Resep Pemenangan Ketua Partai Golkar Simalungun, Timbul Jaya Sibarani. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

SIMALUNGUN - Ketua Partai Golkar Simalungun, Timbul Jaya Sibarani membeberkan resep khusus partainya hingga menang pada Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Semula Timbul menyebut, raihan 15 kursi Partai Golkar karena seluruh kader, pengurus, dan caleg terjun melakukan konsolidasi, kerja keras, dan kerja sama.

Disebut pola dimaksud juga dilakukan partai lainnya, tapi suaranya tak segarang suara Partai Golkar, Timbul akhirnya membuka sedikit resep pemenangan partainya.

"Ya, kami meletakkan para pemain (penghasil suara) di setiap dapil," katanya.

Dia memberikan contoh di Dapil Simalungun 6 dan Simalungun 2, sengaja diisi tokoh partai yang memiliki kapasitas dan jaringan yang mengakar di sana.

Dapil 6 itu punya alokasi 9 kursi, meliputi Kecamatan Dolok Panribuan, Dolok Pardamean, Girsang Sipangan Bolon, Jorlang Hataran, Panei, Panombeian Pane, Pematang Sidamanik, dan Sidamanik.

Di sana ada Kristok Damanik, Eva Rontaline Sinaga, dan Aprimo Mangasa Sibarani.

Dapil 2 alokasi 10 kursi meliputi Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Gunung Maligas, Siantar, dan Tapian Dolok.

Di sana ada Abdul Razak Siregar, Marandus E Tindaon, dan Makmur Damanik.

Sementara itu, untuk unsur pimpinan atau Ketua DPRD Simalungun 2024-2029 dipastikan akan jatuh ke Partai Golkar.

Timbul belum berani memberi komentar kepada siapa akan diberikan.

"Kami masih menunggu juklak dari DPP Partai Golkar," katanya via telepon pada Selasa, 12 Maret 2024.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Sarat Politik Transaksional, KOPEL: Dewan Tak Akan Berpikir Nasib Masyarakat

Penentuan akan berbeda dari Pileg 2019. Karena pada Pileg 2019, Ketua DPD Partai Golkar Simalungun, dirinya sendiri saat itu ikut bertanding di Simalungun.

Sehingga saat duduk di dewan dan Golkar juga meraih kursi terbanyak, yakni 9 kursi dan secara otomatis posisi itu jatuh ke tangan ketua partai.

"Untuk kali ini kan ketua partai tidak main di Simalungun. Jadinya, nantinya penentuan itu akan kami lihat berdasarkan instruksi atau juklak dari DPP," kata Timbul lagi.

Timbul sendiri lolos menjadi anggota DPRD Sumut dari Dapil 10. Di dapil ini kabarnya, Golkar juga unggul dengan meraih tiga kursi.

Disinggung soal Pilkada 2024, Partai Golkar kata dia, kembali akan mengusung Radiapoh Hasiholan Sinaga. 

Suara Golkar

Sesuai hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten yang dimulai sejak sejak 27 Februari hingga 4 Maret 2024, Partai Golkar menjadi pemenang di Kabupaten Simalungun. 

Kabarnya meraih 15 kursi dari 6 daerah pemilihan atau dapil di 32 kecamatan. Partai Golkar meraih 142.483 suara.

Urutan kedua diperoleh PDIP meraih 78.669 suara. Partai ini memperoleh 8 kursi. Partai Gerindra memperoleh 60.402 suara dan mendapat 7 kursi.

Partai NasDem meraih 6 kursi dengan jumlah suara yang terkumpul 57.693. Partai Demokrat meraih 5 kursi dengan jumlah suara yang terkumpul sebanyak 36.700.

Perindo mendapat 4 kursi, Partai Hanura meraih 2 kursi, kemudian PKS, Partai Gelora, dan PPP masing-masing mendapat 1 kursi.  []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya