News Kamis, 13 Juli 2023 | 11:07

Golkar Mulai Bergejolak, Airlangga Hartarto Digoyang Dewan Pakar

Lihat Foto Golkar Mulai Bergejolak, Airlangga Hartarto Digoyang Dewan Pakar Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan Hisjam. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Dinamika politik menjelang Pilpres 2024, internal Partai Golkar mulai memanas. 

Dewan Pakar Partai Golkar diprakarsai Lawrence TP Siburian mengeluarkan tiga rekomendasi soal Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu, 13 Juli 2023, salah seorang anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan Hisjam kembali melontarkan tiga rekomendasi tersebut.

Pertama, Airlangga diminta segera mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden (capres) paling lambat sampai akhir Agustus 2023 mendatang.

Kedua, Partai Golkar diminta membentuk poros baru yang menjadi kendaraan politik Airlangga untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Terakhir, membuat program `Airlangga Hartarto Menyapa Rakyat`, untuk mensosialisasikan dirinya di daerah-daerah.

Menurut Ridwan, jika rekomendasi pertama dan kedua tak terlaksana, musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk melengserkan Airlangga dari kursi ketua umum Partai Golkar sangat mungkin terjadi. 

Dia menegaskan, munaslub bukan merupakan hal yang haram dalam partainya. Dia menyebut Airlangga juga merupakan hasil munaslub dari kepemimpinan Setya Novanto.

"Jadi Munaslub itu adalah jawaban dari nomor satu. Kapan jawaban (dari rekomendasi poin satu dan dua) itu dilaksanakan? Agustus. Karena kalau tidak sudah terlambat sudah," ujar anggota Komisi VII DPR itu.

BACA JUGA: Dave Laksono Ajak Kader Golkar Taat Kepada Ketum Airlangga Hartarto

Dalam keterangan berikutnya, dia juga menyebut, jika terjadi munaslub maka figur yang layak mengganti Airlangga adalah Luhut Binsar Panjaitan.

"Siapa yang selevel dengan Pak Airlangga, ya Opung, Luhut Binsar Panjaitan, itu kalau mau dilihat yang super hebat," ujar Ridwan pada Rabu, 12 Juli 2023. 

Di Kabinet Indonesia Maju, Luhut merupakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) yang selevel dengan Airlangga yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Luhut saat ini juga menduduki posisi Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar.

"Kalau sekarang menurut pendapat saya karena ini tinggal enam bulan sampai Februari, harus orang yang betul-betul mempunyai klasifikasi super hebat, sudah super, hebat lagi," ujar Ridwan. []




Berita Terkait

Berita terbaru lainnya