Daerah Senin, 14 Maret 2022 | 17:03

Gubernur Sulbar Bawa Tanah untuk IKN Nusantara dari Enam Kabupaten

Lihat Foto Gubernur Sulbar Bawa Tanah untuk IKN Nusantara dari Enam Kabupaten Para gubernur dan Presiden Joko Widodo dalam ritual adat membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Utara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: Twitter)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar membawa tanah dan air dari enam kabupaten se-Sulbar untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris saat dikonfirmasi, Senin, 14 Maret 2022.

"Kalau di Sulbar, semua tanah satu kilogram ambil dari enam kabupaten," kata Muhammad Idris.

Selain tanah, Gubernur Sulbar juga membawa air diambil dari mata air pegunungan di Kabupaten Mamasa.

"Ini merupakan sebuah simbolis bahwa Sulbar mendukung IKN," ujarnya.

Muhammad Idris juga mengungkapkan, tidak ada ritual adat saat masing-masing perwakilan kabupaten menyerahkan tanah ke Gubernur Sulbar.

"Secara khusus tidak ada ritual adat, serta kesepakatan enam kabupaten airnya diambil di pegunungan Mamasa," tuturnya.

Ia berharap, tanah dan air yang dibawa Gubernur Sulbar ke IKN, menjadi perekat persatuan dan simbol Nusantara dengan filosofi meski berbeda-beda namun dapat disatukan dalam suatu wadah IKN.

"Pada prinsipnya, Sulbar sangat mendukung percepatan proses pembangunan IKN," ucapnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melaksanakan ritual kendi Nusantara IKN yang dilaksanakan di titik nol Kalimantan Timur pada hari ini, Senin 14 Maret 2022. Giat ini juga dihadiri gubernur se-Indonesia dengan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya