Daerah Minggu, 27 Maret 2022 | 20:03

Gunung di Desa Babahlung Abdya Terbakar saat Warga Sedang Salat Magrib

Lihat Foto Gunung di Desa Babahlung Abdya Terbakar saat Warga Sedang Salat Magrib Warga Desa Babahlung saat melihat proses pemadaman api. (Foto: Opsi/Syamsurizal)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Area pegunungan tepatnya dekat rumah warga Desa Babahlung, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terbakar.

Kejadian ini terjadi saat warga sedang melaksanakan salat Magrib, Minggu, 27 Maret 2022 malam, pukul 18.54 WIB.

Api yang semakin membesar membuat warga dikompleks itu sempat panik dan berhamburan ke luar rumah. Kepanikan bertambah ketika agin berhembus ke arah perumahan, karena ditakutkan mata api dapat melahap bangunan yang berada hanya beberapa puluh meter dari sumber api.

"Tadi saat sedang salat, tetangga teriak ada api di atas. Saya langsung ke luar dan benar, api terlihat membesar di dua titik berdekatan," kata Usman.

Kata dia, mengetahui hal itu sebagian warga langsung menghubungi pemadam kebakaran untuk memadamkan api agar tidak menjalar semakin jauh. Apalagi, lokasi kebakaran dengan perumahan tidak terlalu jauh.

"Beberapa saat tiga mobil pemadam tiba. Mereka langsung memotong jalur api dengan menyiram bagian pegunungan arah ke perumahan," sebutnya.

Terpisah, Nurhadisah warga Desa Mata Ie, atau desa tentangga mengaku melihat kobaran api dari kejauhan. Karena memang gunung itu tinggi dan dapat dilihat cahaya api.

"Kami dapat melihat dari sini. Apinya besar," pungkasnya.

Pantauan Opsi, sekira pukul 19.57 WIB, cahaya kobaran api sudah tidak terlihat. Namun tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya masih terlihat menyiram untuk memastikan api padam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya