News Minggu, 19 Desember 2021 | 14:12

Gunung Ile Lewotolok di NTT Erupsi Pagi Ini

Lihat Foto Gunung Ile Lewotolok di NTT Erupsi Pagi Ini Gunung Api Ile Lewotolok Lembata, NTT (Satu-indonesia.com)

Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ile Lewotolok, di Lembata Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi pada Minggu pagi, 19 Desember 2021 pukul 05:53 WITA.

PVMBG mencatat, erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 28.9 detik.

"Terjadi erupsi G. Ili Lewotolok pada hari Minggu, 19 Desember 2021, pukul 05:53 WITA," tulis PVMBG dalam keterangan resmi dikutip Opsi, di Jakarta, Minggu, 19 Desember 2021.

Lebih lanjut dalam keterangan PVMBG, erupsi terjadi dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak (± 2223 m di atas permukaan laut). Kolom abu itu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat. 

Sementara, Subkoordinator Mitigasi Gunungapi Wilayah Timur Indonesia, PVMBG Devy Kamil Syahbana mengatakan saat ini status Gunung Ili Lewotolok level III atau siaga.

"Gunung Ili Lewotolok sekarang dalam status Level III (Siaga)," ujar Devy kepada wartawan, Minggu, 19 Desember 2021.

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak atau kawah G. Ili Lewotolok.

"Masyarakat Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak/kawah G. Ili Lewotolok," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya