Hukum Senin, 03 Januari 2022 | 12:01

Habib Bahar Smith Siap Penuhi Panggilan Polda Jabar

Lihat Foto Habib Bahar Smith Siap Penuhi Panggilan Polda Jabar Pendakwah kontroversial Habib Bahar Smith. (foto: Kompas.com).

Jakarta - Habib Bahar bin Smith dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat (Jabar) pada Senin, 3 Januari 2022, atas kasus dugaan ujaran kebencian dalam dakwahnya yang mengandung suku, agama, ras, antargolongan (SARA).

Kuasa hukumnya, Azis Yanuar menyebut Habib Bahar bin Smith mengaku siap diperiksa oleh penyidik Polda Jabar.

"Insya Allah (siap, penuhi panggilan)," kata Azis dalam keterangan tertulis yang diterima Opsi di Jakarta, Senin, 3 Januari 2022.

Dia juga memastikan, kehadiran Habib Bahar ke Polda Jabar turut didampingi tim kuasa hukum.

"Insya Allah, iya saya dan tim ke sana," ujar Azis.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago membenarkan bahwa pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada Bahar bin Smith untuk diminta keterangannya pada hari ini.

Menurut dia, pemanggilan tersebut dilakukan setelah pihaknya menyerahkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) pada Selasa, 28 Desember 2021 ke kediaman Bahar yang berada di Bogor.

"Direktorat Kriminal Umum telah melayangkan SPDP terhadap Bahar bin Smith," katanya.

Erdi pun menyebut Bahar Smith masih berstatus sebagai saksi. Pendakwah berambut gondrong itu diduga memberikan suatu pernyataan sehingga membuat kericuhan di tengah masyarakat.

Namun, kasus tersebut bukan terkait dengan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang belakangan ramai diperbincangkan, melainkan kasus lain yang belum bisa ia sebutkan secara rinci. Adapun kasus itu menurut Erdi diduga terjadi di wilayah hukum Polres Cimahi.

"Tentunya ini masih konsumsi penyidik ya, nanti perkembangannya akan kita sampaikan," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya