Hiburan Jum'at, 09 September 2022 | 23:09

Hadirkan Karya 30 Seniman, Pameran Distrik Seni X Sarinah Resmi Dibuka

Lihat Foto Hadirkan Karya 30 Seniman, Pameran Distrik Seni X Sarinah Resmi Dibuka Ilustrasi Distrik Seni X Sarinah. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Kolaborasi Distrik Seni X Sarinah kembali menghadirkan pameran sesi kedua dengan seratusan karya dari 30 seniman lintas generasi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Gelaran yang berlangsung mulai 10 September 2022 hingga November 2022 ini, diselenggarakan dengan tema Berkelanjutan!. Pameran buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB di Ruang Ir. Soekarno Gedung Sarinah Lantai 6.

Tiket pameran Distrik Seni X Sarinah dapat dibeli secara offline maupun online di situs www.distrikseni.com.

Direktur Artistik Distrik Seni Heri Pemad mengatakan, pihaknya telah melihat antusiasme dari 60 ribu pengunjung di pameran sesi pertama yang berlangsung pada Juni-Agustus 2022 lalu.

Hal itulah yang membuat Distrik Seni X Sarinah termotivasi untuk menghadirkan karya seni rupa yang lebih menarik.

"30 seniman individu dan kolektif yang terlibat dalam pameran sesi kedua ini memiliki karakter khas dan kuat, serta keunikan masing-masing dalam mengeksplorasi gagasan berkelanjutan melalui sudut pandang budaya lokal," kata Heri, dikutip Opsi pada Jumat, 9 September 2022.

"Sehingga, tidak hanya mengusung semangat kebangkitan ekosistem seni, tetapi juga sebagai ruang edukasi budaya yang sejalan dengan nilai-nilai berkelanjutan," ucapnya.

Ilustrasi Distrik Seni X Sarinah. (Foto: Istimewa)

Sementara Penata Artistik Distrik Seni Farah Wardani mengatakan, tema Berkelanjutan! diambil karena belakangan ini banyak disinggung terutama pada pembahasan mengenai ekosistem.

Kaitannya dengan karya seni, kata Farah keberlanjutan seni budaya tidak hanya dipandang dari disiplin kesenian secara spesifik tapi juga beririsan dengan isu kemasyarakatan dalam bidang dan disiplin lain yang mengitarinya.

"`Berkelanjutan!` dalam hal ini dapat diartikan dan dikaitkan ke berbagai hal antara lain alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, gagasan dan metode ekonomi berkelanjutan, hingga keberlanjutan ekosistem seni itu sendiri," kata Farah.

Adapun 30 seniman yang berpartisipasi dalam Distrik Seni X Sarinah sesi kedua di antaranya adalah Angki Purbandono, Arhmaiani, Ari Bayuaji, Arin Dwihartanto Sunaryo, dan Asmudjo Jono Irianto.

Baca juga: Musik dan Gambar, Jalan Seni Solois Aip DPO

Baca juga: Galeri NA Arthouse Gelar Pameran Seni Rupa Bertajuk The Collector`s Show: Artsy Gathering

Ada pula Decfto Printmaking Institute, Dewa Budjana, Eddi Prabandono, Entang Wiharso, Gerilya, Hanafi, Her Dono, Meliantha Muliawan, Made Djirna, Nasirun, Sirin Farid Stevy, Vincent Rumahloine, hingga Wulang Sunu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya