Hiburan Sabtu, 04 Maret 2023 | 04:03

Hadirkan Karya dari 22 Seniman, Pameran artina.Sarinah #2: Matrajiva Resmi Dibuka

Lihat Foto Hadirkan Karya dari 22 Seniman, Pameran artina.Sarinah #2: Matrajiva Resmi Dibuka Suasana pembukaan festival seni rupa kontemporer bertajuk artina.Sarinah 2: Matrajiva, di Gedung Sarinah Thamrin lantai 6. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Gelaran kedua festival seni rupa kontemporer bertajuk artina.Sarinah resmi dibuka di Gedung Sarinah Thamrin lantai 6, pada Jumat, 3 Maret 2023 dan akan berlangsung hingga 31 Mei 2023 mendatang.

Mengusung tema Matrajiva (matra: dimensi; jiva: spirit/ruh), pameran kali ini fokus pada beragam ekspresi artistik yang merepresentasikan berbagai dimensi spiritualitas maupun religiusitas dalam kehidupan masyarakat Nusantara.

Berbicara dalam acara seremoni pembukaan artina.Sarinah #2: Matrajiva, Inisiator dan Direktur Artistik artina, Hari Permad mengatakan bahwa tema Matrajiva terinspirasi dari keragaman budaya Nusantara yang sarat akan nilai-nilai spiritual.

"Tak hanya itu, kami melihat saat ini seni menjadi manifestasi dari kepercayaan pada sesuatu yang lebih besar dari dalam diri manusia, sekaligus memanifestasikan tanggung jawab sosial seniman terhadap lingkungan dan masyarakatnya," kata Hari, dikutip Opsi pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Di bawah arahan dua Kurator, Agung Hujatnika dan Bob Edrian, sebanyak 22 seniman individual dan kolektif lintas disiplin turut berpartisipasi pada pameran artina.Sarinah #2.

Para seniman terdiri dari A. D. Pirous, Agnes Christina, Agung Kurniawan, Agus Suwage, Ahmad Sadali, Arahmaiani, Asmara Wreksono, Edward Hutabarat, Gregorius Sidharta Soegijo, I Made Somadita, dan Lintang Raditya.

Serta Monica Hapsari, Nadiah Bamadhaj, Natasha Tontey, Ni Nyoman Sani, Nyoman Nuarta, Riar Rizaldi, Riri Reza & Mira Lesmana, Rubi Roesli, Samuel Indratma, Widayat, juga Yori Antar & Rumah Asuh.

Suasana pembukaan festival seni rupa kontemporer bertajuk artina.Sarinah 2: Matrajiva, di Gedung Sarinah Thamrin lantai 6. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Mereka menampilkan puluhan karya dalam wujud dan dimensi yang beragam, dengan proses kurasi yang mempertimbangkan berbagai aspek dengan cermat untuk menampilkan bagaimana spiritualitas dan religiusitas menyatu dengan nilai-nilai moral, dalam kebudayaan dan kesenian di Indonesia.

"Pada pameran artina edisi kedua ini, kami berupaya menampilkan ekspresi `spiritualitas Nusantara` yang ekspansif dan multifaset," kata Agung Hujatnika.

"Perluasan mutakhir spiritualitas ini merepresentasikan adanya wilayah-wilayah irisan maupun persilangan antara agama, sains, humanisme, filsafat, aliran, kepercayaan, teknologi dan kesenian tradisional Nusantara, dan sebagainya," ujar dia.

Sementara Bob Edrian menambahkan bahwa penataan karya juga mempertimbangkan berbagai faktor untuk menciptakan perjalanan dan pengalaman dalam mengenal lebih jauh matra-matra atau dimensi spiritual tersebut.

"Seperti aspek pemenuhan kebutuhan manusia, keterlibatan agama, hingga kontribusi manusia pada masyarakat dan lingkungan hidup," ucap dia.

Gelaran pameran seni artina.Sarinah #2: Matrajiva dibuka untuk umum mulai 4 Maret – 31 Mei 2023, dari jam 10.00 - 22.00.

Selama periode pameran, publik juga dapat mengikuti sejumlah program seperti kuratorial tur, gelar wicara seniman, dan lokakarya.

Baca juga: Jokowi Ajak Presiden Filipina Ferdinand Marcos Nonton Acara Musik di Sarinah

Baca juga: Pameran artina.Sarinah Resmi Dibuka, Temani Waktu Liburan di Akhir Tahun

Tiket masuk artina.Sarinah #2: Matrajiva dapat dibeli secara daring melalui situs loket.com atau secara langsung di lokasi pameran. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya