News Senin, 02 Mei 2022 | 20:05

Hardiknas Berbarengan dengan Idulfitri, Jokowi Ingatkan Pendidikan Modal Indonesia Maju

Lihat Foto Hardiknas Berbarengan dengan Idulfitri, Jokowi Ingatkan Pendidikan Modal Indonesia Maju Ucapan Peringatan Hardiknas dari Jokowi. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas berbarengan dengan hari raya Iduflitri 1443 Hijriah pada Senin, 2 Mei 2022. 

Suasana kebatinan bangsa yang tengah berbahagia itu dimanfaatkan Presiden Jokowi untuk tetap mengingatkan betapa pentingnya pendidikan bagi bangsa Indonesia. 

Meski dunia tengah didera ketidakpastian oleh krisis, pandemi, atau perang, namun pendidikan bagi anak-anak Indonesia menurut Presiden Jokowi, tidak boleh terabaikan.

“Dunia tengah didera ketidakpastian oleh krisis, pandemi, atau perang, tapi pendidikan anak-anak kita tak boleh terabaikan,” kata Presiden Jokowi di akun Twitter @Jokowi, Senin, 2 Mei 2022.

Ditegaskan Presiden Jokowi, pendidikan adalah salah satu modal untuk menuju Indonesia maju.

Baca juga:

Peta Jalan Pendidikan Ini Perlu Dipersiapkan Sebelum RUU Sisdiknas Disahkan

“Melalui pendidikan kita menempuh jalan panjang untuk membangun identitas, karakter, dan martabat bangsa Indonesia untuk menyambut masa depan yang lebih maju,” ujarnya. 

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim sesuai suratnya soal pedoman peringatan Hardiknas karena berbarengan dengan Idulfitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022, maka Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 digelar pada 13 Mei 2022 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan.

Bagi instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 dan Level 2 diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari kantor atau dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Adapun tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya