Daerah Senin, 18 April 2022 | 15:04

Harga Sawit di Abdya Rp 3.000 Per Kilogram

Lihat Foto Harga Sawit di Abdya Rp 3.000 Per Kilogram Penampakan TBS sawit yang hendak dijual petani. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Harga beli Tandan Buah Segar (TBS) di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Mon Jambe di Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berada di angka Rp 3.050 per Kilogram (Kg). 

Harga Rp 3.050 per/Kg ini tentu merupakan harga yang disyukuri para petani sawit, karena sejarah harga mencatat bahwa harga sawit di Abdya pernah dibawah angka Rp 1.000 dan dikeluhkan saban hari oleh petani.

Kalmi, humas pada PT. Mon Jambe membenarkan bahwa harga sawit di Abdya berapa di kisaran Rp 3.050 per/Kg. Bertahan dan bahkan naik dilandasi oleh naiknya harga Crude Palm Oil (CPO).

"Ia benar, harga sawit kemarin sore kembali naik, dimana sebelumnya Rp. 3000 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp. 3050 ribu per Kg," kata Kalmi, Minggu, 18 April 2022.

Kalmi menjelaskan, harga TBS sawit Rp. 3050 per kilogram merupakan harga yang dibeli pihak perusahaan PT. Mon Jambe kepada supplier atau pengepul.

"Kalau pengepul membeli ke petani sekitar Rp 2.800 ribu per kilogram, dan harga sawit bisa saja naik kembali bisa saja turun kembali tergantung harga minyak CPO," sebutnya.

Namun pihaknya belum bisa memprediksi apakah harga TBS bakal kembali naik atau turun, sebab kenaikan harga TBS tergantung harga CPO.

"Kemungkinan CPO naik makanya harga TBS juga ikut naik, tapi kedepan belum bisa kita pastikan apakah harga TBS akan naik lagi, karena itu tergantung harga CPO,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya