News Kamis, 16 Februari 2023 | 10:02

Hari Ini KLB PSSI, Begini Janji Erick Thohir Jika Menjadi Ketum Periode 2023-2027

Lihat Foto Hari Ini KLB PSSI, Begini Janji Erick Thohir Jika Menjadi Ketum Periode 2023-2027 Calon Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Persatuan Sepak Bola Indonesia atau PSSI menggelar kongres luar biasa atau KLB di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Kamis, 16 Februari 2023.

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu kandidat ketua umum yang akan bertarung bersama tiga calon lainnya.

Agenda KLB PSSI di antaranya pemilihan ketua umum, pemilihan wakil ketua umum, pemilihan anggota executive committee (Exco), dan perubahan statuta PSSI.

Untuk ketua umum, ada lima calon yang mendaftar, yakni AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis.

Belakangan, nama terakhir yakni Fary Djemy Francis mengundurkan diri. Tinggal empat kandidat yang akan bertanding meraih jabatan puncak induk organisasi sepak bola Indonesia tersebut.

Baca juga: Erick Thohir: Membenahi PSSI Butuh Nyali

Untuk calon wakil ketua umum ada sebanyak 16 orang, termasuk di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan eks Sekjen PSSI Ratu Tria Destria.

Sedangkan calon anggota Exco sebanyak 55 orang. Nantinya mereka ini semua akan memperebutkan jumlah keanggotaan Exco sebanyak 15 orang.

Adapun pemilih yang akan memberikan suara dalam pemilihan sebanyak 87 voters, termasuk yang berasal dari sejumlah asosiasi pengurus sepakbola di tingkat provinsi.

Janji Erick 

Salah satu kandidat kuat yang juga mendapat dukungan pemerintah adalah Erick Thohir. Menteri BUMN ini sejak lama sudah menggaungkan wacana perubahan di induk sepak bola PSSI.

Dilansir dari sejumlah sumber, Erick menjanjikan lima hal mendasar yang akan dilakukannya ketika terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027, yakni:

1. Melanjutkan kompetisi liga 2 dan liga 3.
2. Mengejar ketertinggalan dari negara lain.
3. Menerapkan teknologi VAR.
4. Membenahi kualitas wasit.
5. Membangun pusat pelatihan timnas.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya