News Senin, 14 Maret 2022 | 09:03

Hari Ini Presiden Jokowi dan Semua Gubernur Gelar Ritual Kendi Nusantara di IKN

Lihat Foto Hari Ini Presiden Jokowi dan Semua Gubernur Gelar Ritual Kendi Nusantara di IKN Presiden Jokowi saat blusukan ke lokasi IKN. (foto: Antara).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjalani ritual adat bersama 34 gubernur di lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, hari ini Senin, 14 Maret 2022.

Ritual yang disebut Kendi Nusantara itu dilakukan dengan membawa tanah dan air dari seluruh provinsi. Tanah dan air itu nantinya dituangkan ke dalam sebuah wadah besar.

"Para gubernur akan membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing," kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dalam keterangan pers kepada wartawan, Jumat, 11 Maret 2022.

Baca jugaSinggung Ritual Kendi Nusantara, Roy Suryo Doakan Nasib IKN Tak Seperti Esemka

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengungkapkan tanah dan air yang akan dibawa oleh para gubernur ke IKN Nusantara melambangkan kesatuan dan keberagaman.

"Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman," kata Mahfud dalam keterangan resminya, Minggu, 13 Maret 2022.

Mahfud menjelaskan dua kilogram tanah dan satu liter air yang dibawa oleh masing-masing gubernur nantinya akan dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara. Tanah dan air itu mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

Baca jugaPKS ke Jokowi: Mohon Produksi Esemka Dulu Sebelum Bangun IKN

"Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatra Barat, Aceh, semua berkumpul di sana," ujar Mahfud.

Presiden Jokowi bersama seluruh gubernur akan berkunjung ke IKN Nusantara pada hari ini. Presiden RI ke-7 ini akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi pembangunan Istana Negara.

Sejumlah gubernur telah mengonfirmasi membawa tanah dan air dari daerahnya masing-masing. Seperti dari Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, hingga NTT. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya