News Kamis, 21 April 2022 | 16:04

Hari Kartini, Ganjar Pranowo Ingatkan Tingginya Angka Pernikahan Dini

Lihat Foto Hari Kartini, Ganjar Pranowo Ingatkan Tingginya Angka Pernikahan Dini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (foto: Pemprov Jateng).

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan masih tingginya angka pernikahan dini, khususnya selama pandemi Covid-19. Hal itu ia bahas pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2022.

"Nikah nanti dulu, (anaknya) suruh sekolah yang tinggi, Insya Allah itu akan manfaat. Kasih tahu tetangga-tetangganya, kalau punya anak perempuan jangan dinikahkan dulu," kata Ganjar di Kabupaten Magelang, Kamis, 21 April 2022.

Sebab, sebagian besar korban kekerasan adalah perempuan. Sehingga, kata Ganjar, upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, perdagangan orang dan pemberdayaan perempuan menjadi kegiatan yang penting.

"Karena kalau sudah kawin muda biasanya mungkin fisik mentalnya tidak siap yang terjadi nanti tidak siap berkeluarga," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Menurut Ganjar, untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut pemerintah tidak bisa sendiri dan diperlukan dukungan dari seluruh pihak, utamanya perempuan.

"Selamat atas penghargaan ini dan mudah-mudahan ini sebagai pendorong panjenengan (Anda) makin giat berprestasi, makin bisa berkontribusi. Kekuatan kita adalah bersama-sama, gotong royong," katanya.

Ganjar juga mendorong para perempuan untuk berani bermimpi seperti sosok Kartini, karena perempuan masa kini harus menyiapkan masa depan mulai sekarang.

"Pesan saya dengan spirit Kartini ini gantungkan cita-citamu yang tinggi. Jadi habis gelap terbitlah terang itu, mari kita buat penerangan-penerangan biar makin terang. Masa depan mesti disiapkan mulai sekarang," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya