Hukum Jum'at, 30 September 2022 | 17:09

Hari Kurniawan, Difabel yang Didukung Komisi III DPR Sebagai Anggota Komnas HAM

Lihat Foto Hari Kurniawan, Difabel yang Didukung Komisi III DPR Sebagai Anggota Komnas HAM Hari Kurniawan saat ikuti fit and proper test di Komisi III DPR RI, Jumat, 30 September 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Hari Kurniawan, salah seorang calon anggota Komnas HAM mendapat dukungan dan apresiasi dari anggota Komisi III DPR RI dalam fit and proper test yang berlangsung pada Jumat, 30 September 2022.

Salah seorang anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat, Santoso bahkan terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Hari Kurniawan, yang merupakan penyandang disabilitas.

"Dengan lolosnya saudara Hari Kurniawan sebagai kandidat Komisioner Komnas HAM, saya menilainya ada prestasi. Ada niat yang akan diabdikan oleh saudara Hari Kurniawan. Jadi pada kesempatan ini, meski momen ini bukan pengambilan keputusan, namun dengan melihat semangat dan keterbatasan fisik Hari Kurniawan, saya Santoso mendukung yang bersangkutan untuk menjadi anggota Komnas HAM 2022-2027," kata Santoso dengan terbata.

Hari meski dengan kondisi fisik yang terbatas, dikenal sebagai advokat senior dan pendiri Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Disabilitas Jawa Timur sejak 2014.

Keterbatasan fisiknya bukan menjadi halangan, tetapi menjadi tantangan tersendiri untuk pergi dan pulang Jakarta-Lumajang dalam memenuhi panggilan tahapan tes seleksi. 

Hari membuktikan dirinya mampu bersaing dan lolos sebagai salah satu kandidat yang diloloskan panitia seleksi Anggota Komnas HAM 2022-2027.

Profil Hari Kurniawan

Hari lahir di Lumajang, Jawa Timur pada 44 tahun silam, putra dari Mutmainah dan (alm) Achmad Zain.

Dia merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang pada 2002 silam.

Dia banyak mengikuti kursus dan pelatihan di dalam dan luar negeri sesuai dengan profesinya sebagai advokat.

Pernah menerima beasiswa Australia Awards Scholarship, UNSW, Diploma CY Training Program bertajuk Human Rights Leadership To Influence Policy pada tahun 2021.

Baca juga:

Komnas HAM Tak Punya Dampak, yang Ada Pencitraan Saja

Memenuhi undangan Komisi Yudisial RI, Hari pernah sebagai pembicara dalam program peningkatan kapasitas aparat penegak hukum dalam pemenuhan hak atas peradilan yang fair bagi penyandang disabilitas di Indonesia, di Mataram NTB pada tahun 2015.

Hari tergabung pula dalam FGD pengembangan desain, konten, aksesibilitas, dan pengelolaan situs web informasi hukum dan disabilitas atau Solider.id di Yogyakarta yang digelar Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (Sigab Indonesia) kerja sama dengan Australia Indonesia Partnership For Justice (AIPJ).

Dikenal pula di dunia aktivitas buruh dan disabilitas, menjadi advokat senior di LBH Rumah Keadilan Malang dan sebagai direktur sekaligus pendiri LBH Disabilitas Jawa Timur.

Aktif di bidang organisasi dan advokasi, seperti Asosiasi Pekerja Sejahtera Malang (APSM), Forum Masyarakat Pemantau untuk Indonesia Inklusif Disabilitas (Formasi Disabilitas), dan organisasi lainnya baik di tingkat daerah maupun nasional.

Hari pada tahun 2021, menerima penghargaan dari Yayasan Lingkar Sosial Indonesia berupa tanda jasa Inclusive Awards. []




Berita Terkait

Berita terbaru lainnya