News Senin, 28 Maret 2022 | 14:03

Hasto: Bung Karno Bilang Kita Tidak Boleh Dijajah Makanan Impor

Lihat Foto Hasto: Bung Karno Bilang Kita Tidak Boleh Dijajah Makanan Impor Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - PDI Perjuangan menggelar acara demo memasak tanpa menggunakan minyak goreng di kantor partai Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin, 28 Maret 2022 siang. 

Sekjen Hasto Kristiyanto mengingatkan pesan Bung Karno agar kita tidak dijajah makanan impor.

Dalam kesempatan kegiatan itu, Hasto awalnya mengatakan PDIP menyelenggarakan sebuah kegiatan yang tampaknya sederhana, tetapi begitu penting karena berkaitan dengan perut rakyat

Kegiatan yang berkaitan dengan bagaimana Indonesia begitu kaya dengan sumber-sumber makanan dengan bumbu-bumbuan yang luar biasa, yang seharusnya membuat Indonesia berdaulat di bidang pangan. Dan bisa mengupayakan secara berdikari tentang pangan itu.

"Tetapi oleh suatu kebijakan yang salah di masa lalu, terutama masa orba, kita melihat bahwa seluruh khasanah kuliner nusantara tidak diangkat kembali," katanya.

Baca juga: Siang Ini Megawati dan PDIP Demo Masak Tanpa Minyak Goreng

Padahal sambung Hasto, Bung Karno selama tujuh tahun telah merintis suatu buku kuliner yang merupakan handbook-nya kuliner nusantara. 

"Mustika Rasa (handbook) yang betul-betul mencerminkan kepribadian nusantara dari lidah dan perut rakyat Indonesia. Oleh Bung Karno dikatakan, kita tidak boleh terjajah oleh makanan impor saudara-saudara sekalian," kata Hasto.

Dalam acara tersebut, hadir cukup banyak pekerja media dan menurut Hasto, para wartawan yang hadir sudah mencoba sejumlah kuliner di sana, seperti sayur lodeh, ayam bakar, dan pepes. 

"Dan ternyata teman-teman wartawan sangat hepi. Ini kunjungan teman-teman pers pasca pandemi yang paling besar selama dua tahun terakhir di kantor PDIP. Karena mereka juga tertarik tentang apa itu makanan tanpa minyak goreng," katanya.

Hasto menyebut, minyak goreng menjadi isu beberapa bulan terakhir dan Ketum PDIP Megawati menggelorakan kembali semangat untuk melihat bagaimana sumber-sumber makanan yang tidak gorengan, yang membikin tidak sehat, karena kolesterol tinggi.

"Bagaimana saya alami dua tahun terakhir sudah minum obat anti kolesterol, kolesterol masih tinggi karena ketergantungan terhadap gorengan," tukas dia. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya