News Selasa, 13 September 2022 | 09:09

Hei, Effendi Simbolon Apa Maksud Saudara Mengatakan TNI Seperti Gerombolan

Lihat Foto Hei, Effendi Simbolon Apa Maksud Saudara Mengatakan TNI Seperti Gerombolan Prajurit TNI. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pernyataan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti gerombolan, mendapat reaksi keras dari anggota TNI.

Sebuah video di akun sosial Twitter beredar, sejumlah anggota TNI-AD tampak berdiri lengkap mengenakan seragam tentara menyesalkan pernyataan Politisi PDIP tersebut.

"Hei Effendi Simbolon, apa maksud saudara mengatakan TNI seperti gerombolan lebih-lebih dari ormas, kami tidak terima. Jangan adu domba TNI, TNI tetap solid. Kami tunggu klarifikasi Anda," tegas mereka secara serentak. 

Sebelumnya, Effendi Simbolon menyebut TNI layaknya gerombolan.  Dia menilai kelakuan TNI lebih-lebih dari ormas.

Ini disampaikannya berikut adanya temuan dan informasi yang diperoleh Komisi I mengenai isu tidak harmonisnya hubungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Dia juga menyoroti berbagai informasi mengenai adanya ketidakpatuhan hingga pembangkangan di tubuh TNI. 

Baca juga:

Anggota DPR RI Semprot Ketidakharmonisan Jenderal Andika dan Jenderal Dudung

Effendi menilai dengan segala keributan tersebut, TNI tidak ubahnya seperti gerombolan.

"Ini TNI kaya gerombolan ini. Lebih-lebih ormas, jadinya tidak ada kepatuhan," kata Effendi dalam rapat kerja dengan Panglima TNI di DPR pada Senin, 5 September 2022.

Pernyataan Effendi ini juga sempat memantik amarah dari salah seorang anggota TNI bernama Kopral Dua Arif. Dia menuntut Effendi meminta maaf.

Disampaikannya dalam sebuah video pendek dan diunggah di media sosial dan disebar ulang oleh Politisi PDIP Ruhut Sitompul melalui akun Twitternya.

"Hei kau Effendi Simbolon anggota Komisi I DPR RI, saya kopral, saya tidak terima TNI dikatakan seperti gerombolan," kata Kopda Arif, dalam video yang diunggah Ruhut Sitompul pada Senin, 12 September 2022. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya