Daerah Kamis, 17 Maret 2022 | 20:03

HET Dicabut Harga Minyak Goreng di Pasaran di Kota Cirebon Naik 100 Persen

Lihat Foto HET Dicabut Harga Minyak Goreng di Pasaran di Kota Cirebon Naik 100 Persen Harga minyak goreng di salah satu supermarket di Kota Cirebon. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Sejak Pemerintah mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET), stok minyak goreng di beberapa pusat perbelanjaan dan minimarket di Kota Cirebon terpantau aman. Namun, harga kemasan mengalami kenaikan.

Hal ini diketahui saat Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon melakukan sidak ke beberapa pusat perbelanjaan dan minimarket pada Kamis 17 Maret 2022.

Dari sidak ini diketahui harga minyak goreng kemasan 1 liter sebesar Rp 23.450, sementara 2 liter Rp 46.650. Harga sebelumnya, untuk kemasan minyak goreng 2 liter Rp 28.000 saat ini menjadi Rp 46.650.

“Stok minyak goreng kemasan aman, tapi harganya bervariatif untuk kemasan 1liter ada yang menjual Rp 23ribu sampai Rp 24ribu. Alasannya, harga ecer tertinggi (HET) minyak goreng kemasan yang tak lagi berlaku,” kata Fahri.

Di saat bersamaan Sekda Pemerintah Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan dengan kebijakan terbaru pemerintah, harga minyak goreng kemasan di level konsumen tentunya akan mengalami kenaikan sesuai tingkat harga minyak sawit (CPO) internasional.

Dengan harga saat ini sebesar Rp. 15.864 per liter, harga minyak goreng kemasan sederhana di level konsumen bisa mencapai Rp 23 ribu per liter.

“Untuk kemasan premium, kami perhitungkan itu maksimum Rp24.800 per liter jika dengan patokan harga CPO saat ini,” paparnya

Saat dilapangan tim juga mendapati keluhan dari masyarakat, yang mengeluhkan kelangkaan minyak goreng kemasan. 

Meskipun ada, harga melambung tinggi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya