News Rabu, 28 Februari 2024 | 17:02

High Tempo, Strategi TNI AU Atasi Keterbatasan Pesawat Saat Operasi

Lihat Foto High Tempo, Strategi TNI AU Atasi Keterbatasan Pesawat Saat Operasi Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Dalam suatu pertempuran udara, keterbatasan jumlah pesawat dapat disiasati dengan "High Tempo", yaitu penggunaan pesawat secara terus menerus dengan waktu persiapan yang relatif singkat.

Pelatihan tersebut dilangsungkan pada "Latihan Bido Gesit 24" Lanud Roesmin Nurjadin, di Shelter Skadron Udara 16, Senin, 26 Februari 2024, sehingga pengisian bahan bakar dan amunisi pesawat dilaksanakan tanpa mematikan mesin pesawat.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam menyiapkan pesawat tempur. Pesawat yang melaksanakan latihan ini adalah F-16 dari Skadron Udara 16.

High Tempo pada latihan kali ini dimaksudkan dapat melatih kemampuan para prajurit Lanud Roesmin Nurjadin untuk bisa menghadapi medan penugasan sesungguhnya, baik dalam pelaksanaan operasi maupun dukungan operasi pada pesawat tempur.

Latihan ini juga untuk menguji kesiapan semua unsur tempur Lanud Roesmin Nurjadin baik personel, maupun pendukung yang lainnya.

Danwing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar selaku Direktur Latihan mengatakan hal ini merupakan bagian dari upaya pembinaan sekaligus menguji kesiapan dan kemampuan unsur tempur dalam melaksanakan operasi udara maupun dukungan operasi udara.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya