Daerah Kamis, 24 Februari 2022 | 15:02

HIPMI Abdya Kenalkan Ilmu Wirausaha untuk Siswa-siswi SMK

Lihat Foto HIPMI Abdya Kenalkan Ilmu Wirausaha untuk Siswa-siswi SMK Siswa-siswi SMK di Abdya sedang mendengar pemaparan HIPMI Abdya tentang Ilmu wirausaha. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Aceh Barat Daya (Abdya) diperkenalkan ilmu tentang wirausaha oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Abdya dalam rangka road show penumbuhan wirausaha, Kamis, 24 Februari 2022.

Siswa-siswi terlihat fokus dengan kegiatan HIPMI dalam road show kali ini. Wujud dari kegiatan itu diharapkan mampu mencetak wirausaha muda yang berkompeten.

Pantauan reporter Opsi, dalam kegiatan ini sejumlah pengusaha dihadirkan, seperti Anggota DPRK Abdya Anton Sumarno yang juga Sekretaris Umum (Sekum) BPC HIPMI Abdya, Elizar Lizam pengusaha, serta beberapa pengusaha perempuan lain yang dihadirkan untuk bertukar wawasan dan pengalaman dalam merintis usaha hingga berhasil.

Ketua HIPMI Abdya, Rony G Darwis mengatakan agenda HIPMI Goes to School ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar menjadi entrepeneur muda. Siswa diberi beberapa materi wirausaha oleh Hipmi dan para pemateri lain.

"Kita membahas tentang materi dasar entrepreneur, cara membangun, mengembangan usaha dan manajemen berwirausaha," kata Rony G Darwis di Abdya, Kamis, 24 Februari 2022.

Pria yang akrab disapa Abi Rony ini berujar, ketika para siswa berminat, ke depan bisa bergabung dengan HIPMI. Selanjutnya mereka akan dibina lebih lanjut hingga benar-benar matang dan menguasai ilmu-ilmu wirausaha.

"Kita terpanggil untuk ini. Sebab, jiwa wirausaha harus ditumbuhkan sejak dini. Karena pembentukan mindset berpikir yang matang harus ditata pada usia belia. Saya berharap bisa menumbuhkan semangat berwirausaha dalam kegiatan ini. Pengusaha baru akan muncul dari sekolah-sekolah," ucapnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Abdya, Ismail Daud mengapresiasi kegiatan yang berkolaborasi dengan HIPMI itu. Harapannya, jiwa wirausaha siswa bisa tumbuh sesuai dengan visi dan misi SMK.

Menurutnya, tantangan ke depan sangat berat karena siswa harus dilatih bisa mandiri sedari dini.

"Lewat kegiatan ini kita harap bisa mencetak wirausaha muda baru yang berkompeten sekaligus para siswa bisa menjawab tantangan perkembangan zaman lewat bisnis," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya