News Selasa, 30 November 2021 | 19:11

HNW Minta Pemerintah Jokowi Mulai Siapkan Keberangkatan Umrah

Lihat Foto HNW Minta Pemerintah Jokowi Mulai Siapkan Keberangkatan Umrah Hidayat Nur Wahid (HNW) Wakil Ketua MPR RI (mpr.go.id)

Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta pemerintah Jokowi mulai mempersiapkan keberangkatan jemaah umrah Tanah Air usai pihak Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pembukaan penerbangan langsung bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia terhitung sejak 1 Desember 2021.

“Jadikan kebijakan tersebut sebagai momentum memperbaiki kinerja dalam mengirim jemaah umrah dengan memastikan sisi aman, sehat, dan selamat,” ujar HNW berdasarkan keterangan tertulis diterima Opsi di Jakarta, Selasa, 30 November 2021.

Politikus PKS ini mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama melakukan langkah preventif, seperti memudahkan didapatkannya booster vaksin untuk meningkatkan imunitas para calon jemaah dan akurasi tes usap di bandara menjelang keberangkatan mereka.

Dia juga mendorong adanya koordinasi antara Kementerian Perhubungan dan Kemenag terkait kesiapan maskapai dalam memberangkatkan para jemaah umrah menuju Tanah Suci Mekkah.

Kesiapan tersebut, kata HNW, meliputi penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat untuk memastikan para awak dan pesawat yang ditumpangi jemaah umrah terbebas dari virus Covid-19.

Selain itu, ia juga berharap tidak ada kenaikan harga tiket pesawat yang akan memberatkan jemaah, apalagi di tengah dampak ekonomi pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini.

“Semoga pemerintah (Jokowi) menyiapkan aturan yang mempermudah jemaah umrah, harga tiket pesawat juga tak membebani, tapi tetap hati-hati soal Covid-19 apalagi dengan varian Omicron yang baru,” ujar Hidayat Nur Wahid atau HNW. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya