Daerah Jum'at, 19 Agustus 2022 | 10:08

Hujan Guyur Kota Medan, 6.323 Rumah Terendam Banjir

Lihat Foto Hujan Guyur Kota Medan, 6.323 Rumah Terendam Banjir Wali Kota Medan Bobby Nasution saat turun meninjau lokasi banjir. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Medan - Kota Medan, Sumatra Utara, diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 01.00 WIB dini hari. Banjir terjadi dan menggenangi ratusan rumah warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan kepada Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, banjir terjadi di 10 kecamatan.

Meliputi Kecamatan Medan Johor, Medan Selayang, Medan Maimun, Medan Baru, Medan Sunggal, Medan Polonia, Medan Petisah, Helvetia, Medan Barat dan Medan Labuhan.

Dilaporkan juga sebanyak 6.323 rumah terendam banjir dengan variasi tinggi muka air 0-200 sentimeter. Selain itu ada 7 unit sarana ibadah, 4 sekolah, termasuk 1 ruas jalan turut terdampak banjir.

Baca juga:

Miris, 11 Pelajar Medan Diamankan karena Hendak Tawuran pada Hari Kemerdekaan

Banjir telah berdampak pada 8.067 KK atau 25.383 jiwa. Adapun 15 jiwa terpaksa mengungsi atas banjir tersebut.

BPBD Kota Medan telah memberikan dukungan kepada warga terdampak, mengupayakan pemulihan dini dan membantu membersihkan sampah serta lumpur yang terbawa banjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Jumat, 19 Agustus 2022 menyebut, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Medan dan sekitarnya hingga Minggu, 21 Agustus 2022.

BNPB mengimbau masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya