Daerah Selasa, 23 Agustus 2022 | 14:08

HUT Kemerdekaan RI, 77 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Aceh

Lihat Foto HUT Kemerdekaan RI, 77 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Aceh Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha saat menanam bibit pohon Mangrove. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh bersama sejumlah pihak terkait termasuk Penjabat (Pj) Bupati Abdya, H. Darmansah melakukan penanaman pohon Mangrove sebanyak 3.500 bibit di kawasan muara Desa Lama Tuha di Kecamatan Kuala Batee, Selasa, 23 Agustus 2022.

Mewakili Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha dalam sambutannya mengatakan kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan dan penghijauan

"Penanaman 77 ribu pohon Mangrove se-Aceh ini merupakan program Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar sebagai penghijauan dan mempererat tali silaturahim untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas khususnya di Abdya," kata, Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha, Selasa, 23 Agustus 2022.

Menurut Kapolres, tanaman ini memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia dan telah berabad-abad lamanya jadi tumpuan jutaan orang yang bermukim di pesisir pantai. Tumbuhan Mangrove ini sangat penting bagi manusia dan lingkungan.

"Karena di samping dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan juga menjadi sumber daya penting bagi makhluk hidup dan dapat menjaga ekosistem laut," ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, Mangrove juga dapat mencegah abrasi laut dan menghindari terjadinya perembesan air laut ke dalam lapisan tanah yang bisa mengakibatkan terjadinya pencampuran air laut dengan air tanah.

Dia menambahkan, hutan Mangrove juga merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, burung air maupun mamalia laut lainnya. Mangrove juga merupakan salah satu ekosistem terproduktif dari ekosistem daratan mana pun di dunia.

"Mangrove merupakan awal dari rantai makanan di pesisir pantai," ucap AKBP Dhani.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya