Daerah Selasa, 03 Mei 2022 | 15:05

Idulfitri 1443 H, Wali Kota Cirebon Singgung Soal Harga dan Jabatan

Lihat Foto Idulfitri 1443 H, Wali Kota Cirebon Singgung Soal Harga dan Jabatan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

CirebonWali Kota Cirebon Nashrudin Azis,, menunaikan salat Idulfitri 1443 H bersama ribuan jemaah di Masjid Raya At-Taqwa, Senin 2 Mei 2022.

Dalam sambutannya Azis sapaan akrabnya berharap, sukacita Idulfitri tahun ini dapat memberikan kebahagiaan bagi semua.

“Seraya menguatkan sisi spiritual kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta menguatkan kesalehan sosial,” ungkap Azis, sebelum salat Id.

Selain itu, Hari Raya Idulfitri juga merupakan momentum yang teramat baik untuk introspeksi. Menguatkan kesadaran bahwa harta, jabatan, maupun status sosial bukan hal utama di hadapan Allah SWT.

“Kita hanyalah makhluk-Nya yang tidak memiliki daya apapun di hadapan-Nya,” kata Azis.

Azis bersyukur, Ramadan telah menempa umat Islam untuk sabar meniti jalan keimanan dan ketakwaan. Melatih sabar menghadapi kesulitan, sabar dalam menjalankan perintah Allah, dan sabar dalam menjauhi larangan-Nya.

“Hal ini semoga dapat selalu kita terapkan dalam seluruh aktivitas kita, sehingga tidak menjadi manusia yang Hubbud-dunya; lebih mementingkan dunia daripada kehidupan akhirat yang dijanjikan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu pula, Azis berterimakasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat aktif dalam membangun Kota Cirebon di berbagai sektor.

“Alhamdulillah, berkat kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak, berbagai prestasi telah diraih oleh Kota Cirebon,” katanya.

Kolaborasi dan sinergi para pihak pula yang turut membawa Kota Cirebon berpacu bangkit setelah pandemi Covid-19 melandai. Kini perekonomian maupun geliat lainnya di tengah masyarakat berangsur menunjukkan tren yang positif.

“Pandemi Covid-19 memang belum usai. Namun, dengan doa, optimisme, dan sinergi dari seluruh elemen, kita meyakini bahwa ekonomi Kota Cirebon akan bangkit dan kembali normal seperti sedia kala,” tutur Azis.

Tidak hanya itu, dalam kehidupan sosial-politik, situasi di Kota Cirebon juga sangat kondusif. Setidaknya terlihat dari minimnya gesekan antarmasyarakat dan antarkelompok.

“Hal ini juga terejawantahkan dalam kehidupan beragama di Kota Cirebon yang penuh dengan toleransi. Keragaman sejatinya tidak mengurangi persatuan dan kesatuan masyarakat di Kota Cirebon,” katanya.

Hal itu, menurut Azis, membanggakan dan menenangkan. Kota Cirebon menunjukkan bahwa pembangunan dan kehidupan masyarakat dapat berjalan beriringan dalam kebhinekaan dan harmoni yang terjaga.

“Semoga suasana kehidupan beragama ini dapat senantiasa dipertahankan untuk mewujudkan Kota Cirebon; Kota Religius,” katanya.

Azis juga, secara pribadi maupun atas nama Pemda Kota Cirebon menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon atas segala kekhilafan selama ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya