News Sabtu, 12 Maret 2022 | 14:03

IKN Dirancang Berkelanjutan Tak Berhenti di Pemerintahan Jokowi

Lihat Foto IKN Dirancang Berkelanjutan Tak Berhenti di Pemerintahan Jokowi Ilustrasi IKN. (Foto: Twitter)

Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong menyatakan pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara dirancang berkelanjutan, serta tidak akan berhenti selepas masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin seperti kekhawatiran yang belakangan mengemuka.

Menurut Wandy, hal itu tercermin dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara yang menunjukkan bahwa pembangunan dan pemindahan IKN dirancang agar dapat terus berlanjut.

"Dengan adanya UU itu salah satu upaya memastikan keberlanjutannya. Sebab, Presiden, baik yang sekarang maupun yang akan datang harus menjalankan undang-undang ini," kata Wandy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, 12 Maret 2022.

Baca jugaGubernur Se-Indonesia Diminta Bawa Air dan Tanah Saat Presiden Jokowi Kemah di IKN

Meski tak menampik bahwa proses pembangunan dan pemindahan IKN menghadapi banyak tantangan, Wandy menegaskan keyakinan pemerintah terkait hal itu akan berhasil dan berkelanjutan dilandasi dari niat baik, visi yang jauh ke depan, dan kerja keras segenap pihak.

"Apalagi kita sedang berbicara tentang masa depan bangsa. Menuju Indonesia Maju 2045," katanya.

Wandy menjelaskan, UU IKN merupakan landasan hukum dan acuan untuk melaksanakan segala tahapan proses pembangunan dan pemindahan IKN Nusantara.

Baca jugaJokowi Tunjuk Bos Sinarmas Jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Rocky: Ibu Kota Oligarki

Tercakup di dalamnya soal Otorita IKN, penataan ruang, pertanahan dan pengalihan hak atas tanah, lingkungan hidup, hingga penanggulangan bencana serta pertahanan dan keamanan.

Selain itu, lanjut Wandy, UU IKN juga mengatur skema pendanaan dan pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja.

"Pengaturan itu untuk memberikan aturan yang jelas bagi proses pembangunan IKN yang dilaksanakan hingga 2045," kata Wandy. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya