Daerah Selasa, 26 April 2022 | 15:04

Inalum Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Mangrove di Batubara

Lihat Foto Inalum Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Mangrove di Batubara Vice Presiden CSR/TJSL PT Inalum, Ali Hasian menghadiri pelatihan pembuatan batik mangrove kepada kaum ibu di Kabupaten Batubara. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

Medan - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum, menggelar pelatihan pembuatan batik mangrove kepada kaum ibu di Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

Program tersebut merupakan komitmen Inalum dalam memajukan sektor UMKM di Kabupaten Batubara.

Kegiatan yang berlangsung selama April 2022 itu dilaksanakan di Wana Wisata Pantai Sejarah, Batubara, berkolaborasi bersama Sanggar Batik Liza Mangrove, diikuti 20 kaum ibu dari Desa Perupuk, Desa Gambus Laut, dan Desa Kuala Tanjung.

Vice Presiden CSR/TJSL Inalum, Ali Hasian mengutarakan, program itu merupakan langkah Inalum dalam mendukung kreativitas dan semangat UMKM yang hadir di masyarakat Batubara, dalam sektor pembuatan kriya batik yang menggunakan mangrove sebagai bahan dasar pewarna kainnya.

"Melihat potensi mangrove yang begitu besar, serta belum adanya produk olahan turunan mangrove dan sebagai bentuk pemberdayaan perempuan, maka Inalum bekerjasama dengan Sanggar Batik Liza Magrove mengadakan pelatihan pembuatan batik dengan mangrove sebagai bahan dasar pewarna alami. Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat mengetahui dan mampu untuk mengoptimalkan potensi mangrove serta turut serta mengembangkan UMKM Kabupaten Batubara," kata Ali Hasian dalam siaran pers diterima Selasa 26 April 2022.

Keunikan dalam batik mangrove, adalah bahan pewarna yang digunakan untuk melukis batik berasal dari mangrove yang berada di pantai-pantai Batubara.

Rahmawati selaku inisiator dari batik mangrove menyebut, kolaborasi ini akan memunculkan industri kreatif baru di Batubara.

"Kami berterimakasih kepada Inalum yang telah turut aktif dalam kolaborasi batik mangrove di Batubara. Kami berharap, ajang kreativitas dan pelatihan ini bisa terus diadakan oleh kita semua, agar berkah mangrove yang diberikan kepada kita bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan bisa membantu masyarakat untuk tumbuh menjadi UMKM yang lebih sejahtera," tutur Rahmawati.

Liza Mangrove merupakan UMKM yang terletak di Deli Serdang, yang telah berhasil mengembangkan batik mangrove hingga mencapai penjualan internasional dan telah membina serta melatih beberapa UMKM untuk mampu membuat batik sendiri.

Pada kesempatan itu hadir pula staf khusus Bupati Batubara, M Banapon, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Batubara Arif Hanafiah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Syafrimusa, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Toho Simatupang, Ketua Kelompok Cinta Mangrove, Azizi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya