News Sabtu, 14 Januari 2023 | 16:01

Indoor Multifunction Stadium GBK, Venue Olahraga Hingga Festival Skala Besar

Lihat Foto Indoor Multifunction Stadium GBK, Venue Olahraga Hingga Festival Skala Besar Tampilan IMS Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, memiliki fasilitas indoor multifunction stadium (IMS) atau bangunan tertutup multifungsi.

Bisa digunakan untuk ajang olahraga kelas dunia serta venue festival musik dan budaya dengan skala raksasa.

Ajang terdekat yang akan menggunakan fasilitas yang baru selesai dibangun oleh Kementerian PUPR tersebut, yakni pada Juni 2023 pertandingan bola basket dunia FIBA World Cup 2023.

Dibangun sejak April 2021 dan tahap akhir penyelesaian pada Januari 2023. IMS dibangun dengan mengusung teknologi hijau atau green building serta menggunakan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Baca juga: Justin Bieber Bakal Gelar Konser di Stadion GBK Jakarta

“Di sini juga pertama kali Bapak Menteri PUPR membangun dengan sistem 7D, jadi benar-benar ini dibangun secara komputer, AI,” kata Menteri BUMN Erick Thohir saat menemani Presiden Jokowi meresmikan penyelesaian akhir bangunan pada Jumat, 13 Januari 2023.

Luas bangunan IMS mencapai 50.300 meter persegi. Menelan dana pembangunan sebesar Rp 630 miliar.

Presiden Jokowi menghadiri topping off atau penyelesaian akhir atap bangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno (GBK), Jumat, 13 Januari 2023. (Foto: Twitter)

Presiden Jokowi Jokowi menyebut, bangunan tertutup multifungsi ini adalah fasilitas arena tertutup dengan kapasitas paling besar di Indonesia. 

IMS dapat berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga hingga festival dalam skala besar. Bisa menampung 16.250 penonton.

Berfungsi untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan, serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya