News Minggu, 03 April 2022 | 11:04

Ini Agenda Anies Selama Ramadan, Kunjungi Masjid dan Buat Berbagai Kegiatan di Jakarta

Lihat Foto Ini Agenda Anies Selama Ramadan, Kunjungi Masjid dan Buat Berbagai Kegiatan di Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto:Opsi/Instagram @aniesbaswedan)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diagendakan bakal berkunjung ke beberapa masjid hingga pondok pesantren selama Ramadan berlangsung.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Gunas Mahdianto mengungkapkan, agenda ini masuk ke dalam 12 rangkaian kegiatan Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah yang disusun oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid atau pondok pesantren dan sebagainya," kata Gunas Mahdianto dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 3 April 2022.

Kendati demikian, dia belum memerinci lokasi mana saja yang bakal disambangi Anies Baswedan. Selain kunjungan itu, Pemprov DKI juga akan menggelar penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada 11-24 April 2022 mendatang.

Dia menjelaskan kegiatan konser ini diselenggarakan dengan kolaborasi kreator acara lokal, seperti localmarket.id, Ramadan Jazz, JFW, Wardah, dan Kelas Pagi untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM.

"Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022," ujarnya.

Selain itu, Pemprov juga mengadakan kegiatan Ramadan market festival di setiap kelurahan dengan kegiatan menyajikan makanan buka puasa hingga produksi usaha mikro kecil kepada masyarakat dan wisata religi spesial Ramadan dengan melibatkan sejumlah konten kreator.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

Kemudian, ada pula penyelenggaraan kegiatan 30 hari khatam Alquran, berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan dengan mengkhatamkan Alquran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama bulan Ramadan.

Serta, kolaborasi kebaikan berbagi hidangan buka puasa, dengan menyediakan setiap hari minimal 50 ribu bungkus yang dibagikan ke masjid, musholla, halte Transjakarta, dan ruang publik lainnya, pada tanggal 2 April-1 Mei 2022.

Lalu acara Duta Imam Salat Tarawih yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Salat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April-1 Mei 2022 serta menyelenggarakan kegiatan kolaborasi masyarakat, mendukung dan mengkolaborasikan kegiatan yang diinisiasi Lembaga Keagamaan Islam selama bulan Ramadan.

Terakhir, menggelar festival malam takbiran pada malam lebaran serta Salat Idul Fitri 1443 H di JIS.

"Kegiatan ini dilakukan dengan kolaborasi lintas OPD Provinsi DKI Jakarta dan BUMD seperti PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), PT Jakarta Propertindo, PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta, PT Bank DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT LRT, PT MITJ, dan Perumda Pasar Jaya. Kolaborasi juga dilakukan dengan ormas Islam, swasta, dan masyarakat luas," ucap Gunas.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya