News Selasa, 07 Juni 2022 | 16:06

Ini Alasan Mengapa Makassar Butuh Stadion Berkapasitas Besar

Lihat Foto Ini Alasan Mengapa Makassar Butuh Stadion Berkapasitas Besar Aksi suporter menyalakan flare di Stadion BJ Habibie, Senin 6 Juni 2022. (Foto: Opsi/Rio Anthony)
Editor: Rio Anthony

Parepare - Laga uji coba PSM Makassar melawan tamunya Sulut United (klub liga 2) asal Sulawesi Utara di Stadion BJ Habibie Kota Parepare berlangsung meriah.

Tak kurang dari 30 ribu penonton menyaksikan pertandingan tersebut di Stadion kebanggaan warga Parepare itu.

Bahkan akibat kapasitas stadion yang tidak memadai, puluhan ribu suporter tertahan di luar stadion akibat kehabisan tiket dan juga karena kapasitas stadion tidak bisa menampung animo suporter yang begitu tinggi.

Selain suporter setia PSM yang datang jauh-jauh dari Makassar, ribuan suporter juga datang dari kabupaten terdekat, seperti Barru, Pinrang, Pangkep dan Maros. Akibatnya jalanan di Kota Parepare sempat macet total.

"Saya datang dari Pinrang, cocok PSM bermarkas di Parepare, karena pas di tengah-tengah, kalau harus ke Makassar terlalu jauh naik motor,"kata Reva yang datang bersama puluhan temannya dari Kabupaten Pinrang yang diwawancarai Opsi.id di Stadion BJ Habibie Parepare, Senin 6 Juni 2022 sore.

Remaja berusia 17 tahun itu mengaku penggemar berat kapten PSM Wiljan Pluim, dia mengaku baru kali ini lihat aksi bintang PSM itu secara langsung yang walaupun mainnya tidak lebih dari 10 menit.

Dia berharap Pemprov Sulsel atau Pemkot Makassar secepatnya bangun stadion, karena PSM satu-satunya klub dari Sulawesi namun tak memiliki stadion.

Kata dia, kalau PSM punya stadion itu juga bisa meringankan beban biaya untuk PSM sendiri karena kalau stadion besar, pemasukan dari tiket juga banyak, contohnya kata dia Persib Bandung.

Klub asal kota kembang itu satu kali pertandingan bisa meraup miliaran rupiah dari hasil penjualan tiket, jadi klubnya tidak susah mencari dana untuk menggaji pemain.

"Saya harap sekali stadion Barombong diselesaikan saja, karena sayang kalau mangkrak padahal sudah jadi, tinggal dipoles sedikit saja,"harapnya.

Dia pun menyarankan ke Pemprov Sulsel agar berkolaborasi saja, kalau bangun Mattoanging butuh biaya lebih dari 200 miliar, mending itu stadion Barombong saja dilanjutkan, karena tinggal sedikit selesai itu stadion.

"Karena ke egoisan Pemprov dan Pemkot sehingga stadion tidak jadi-jadi, seandainya mereka berkolaborasi untuk selesaikan Stadion Barombong pasti akan bagus sekali,"tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya