Daerah Selasa, 29 Maret 2022 | 20:03

Ini Enam Titik Pengamatan Rukyatul Hilal Ramadan di Aceh

Lihat Foto Ini Enam Titik Pengamatan Rukyatul Hilal Ramadan di Aceh Ilustrasi rukyatul hilal Ramadan. (Foto:Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan enam lokasi pengamatan rukyatul hilal 1 Ramadhan 1443 H di Aceh.

Lokasi itu meliputi, Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang di Lhoknga Aceh Besar, Tugu 0 KM di Kota Sabang, Bukit Blang Tiron Perta Arun Gas di Lhokseumawe, 

"Pantai Lhokgeulumpang di Setia Bakti Aceh Jaya, POB Suak Geudubang di Aceh Barat, dan di Pantai Nancala di Teupah Barat Kabupaten Simeulue," kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal, Selasa, 29 Maret 2022.

Dia berkata, pengamatan hilal dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta dan pengamatan di enam titik dilakukan 1 April ini.

"Kita di Aceh ada 6 lokasi pengamatan. Secara nasional, totalnya ada 101 lokasi pengamatan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia," ujarnya.

Dia menuturkan, nantinya pengumuman hasil pengamatan akan disampaikan langsung oleh Menteri Agama dalam sidang isbat setelah menerima hasil rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

"Termasuk hasil pengamatan kita di Aceh," ucap Iqbal.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya