News Minggu, 19 Desember 2021 | 15:12

Ini Hasil Survei Terbaru Rapor Merah Jokowi di Mata Milenial dan Gen Z

Lihat Foto Ini Hasil Survei Terbaru Rapor Merah Jokowi di Mata Milenial dan Gen Z Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan bandara Ngloram di Blora, Jawa Tengah, Jumat, 17 Desember 2021. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

Jakarta - Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting Ratno Sulistiyanto mengungkapkan ada dua rapor merah terkait tingkat ketidakpuasan generasi milenial dan generasi Z terhadap kinerja Pemerintah Joko Widodo atau Jokowi.

“Penilaian milenial terhadap pemberantasan korupsi (puas) hanya sekitar 39,76 persen, sedangkan yang tidak puas berada di angka 60,24 persen,” tutur Ratno dalam keterangannya dikutip Opsi di Jakarta, Minggu, 19 Desember 2021.

Selain penanganan korupsi, ujar dia, rapor merah yang kedua adalah terkait penanganan permasalahan pengangguran dan kemiskinan. Mengenai isu tersebut, tingkat kepuasan generasi milenial dan generasi Z hanya mencapai 39,76 persen, sedangkan yang tidak puas berada di angka 60,24 persen.

Kendati demikian, lanjut Ratno, 66,34 persen generasi milenial dan generasi Z puas dengan cara Pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

“(Survei tentang kepuasan) bagaimana Jokowi menangani Covid-19, ini cukup tinggi. Sekitar 66,34 persen milenial dan generasi Z menganggap puas terhadap penanganan Covid-19 yang dilakukan Jokowi,” ujar dia.

Selanjutnya, kata dia, sebanyak 56,89 persen generasi milenial dan generasi Z merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Adapun rincian kepuasan tersebut adalah 49,02 persen merasa cukup puas dan 7,87 persen merasa sangat puas.

Survei juga menemukan terdapat tingkat kepuasan yang tinggi terkait upaya Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam toleransi umat beragama. Tingkat kepuasan generasi Z dan milenial mencapai 79,33 persen, sedangkan tingkat ketidakpuasannya hanya berada di angka 20,67 persen. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya