News Senin, 14 Maret 2022 | 21:03

Ini Pesan Dewan Adat Dayak Penajam Paser Utara Kepada Jokowi Terkait IKN

Lihat Foto Ini Pesan Dewan Adat Dayak Penajam Paser Utara Kepada Jokowi Terkait IKN Presiden Joko Widodo akan berkemah di lokasi IKN Nusantara. Jokowi akan tidur di tengah hutan menggunakan tenda bersama ibu negara. Foto: Arsip Fotografer Pribadi Presiden Jokowi Agus Suparto
Editor: Rio Anthony

Kalimantan - Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Penajam Paser Utara, Helena meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Kalimantan tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Harapan itu Ia sampaikan saat bertemu Presiden Joko Widodo di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin 14 Maret 2022.

"Dalam proses pemindahan IKN kami berharap tidak hanya pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang dilakukan, tapi kami berharap agar diutamakan terlebih dahulu yaitu pembangunan SDM," ujar Helena.

Kata dia, pemindahan IKN menjadi momentum pembangunan SDM yang ada di Kalimantan. Dia berharap pemerintah membangun banyak institusi pendidikan di IKN, maupun balai latihan lainnya.

"Kami meminta untuk segera dibangunkan balai pelatihan-pelatihan juga segera membangun universitas di Kabupaten Penajam Paser Utara," harap Helena.

Senada, salah satu tokoh adat Banjar, Ashari berharap pendidikan masyarakat lokal makin baik dengan pembangunan IKN.

Ia meyakini kemajuan pendidikan anak bangsa akan meningkat utamanya masyarakat lokal.

"Jadi kami membayangkan ke depan nanti kami orang suku-suku lokal yang ada di sini, baik itu Banjar, Paser, Dayak akan menjadi sejajar dengan para generasi-generasi muda yang khususnya di Pulau Jawa," ucap Ashari.

Di sisi lain, Ashari menyambut baik upaya pemerintah melibatkan masyarakat lokal untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN.

Keterlibatan tersebut diyakini akan mengurangi konflik kepentingan antara ibu kota dengan lingkungan sekitar ibu kota. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya