Hukum Sabtu, 19 November 2022 | 12:11

Ini Sosok Pelaku Penipuan Mahasiswa IPB

Lihat Foto Ini Sosok Pelaku Penipuan Mahasiswa IPB Pelaku penipuan (baju tahana berwarna biru) yang diamankan polisi. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Terduga pelaku penipuan terhadap ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) akhirnya ditangkap Tim dari Polres Bogor Polda Jawa Barat.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengungkapkan pelaku merupakan seorang wanita berinsial SAN.

Menurut Imam, SAN saat ini tengah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polres Bogor.

“Kita sedang periksa pelaku SAN. Sudah mengarah pada satu nama tersangka,” ungkap Iman dikutip dari pmjnews, Sabtu 19 November 2022.

Baca juga: Polres Kotamobagu Ungkap Kasus Penipuan Bermodus Arisan Online

Penangkapan SAN dilakukan pasca polisi melakukan pemeriksaan beberapa saksi yang merasa terjebak pinjol bermodus investasi di sebuah toko online.

Lanjut Iman, Polres Bogor masih mendalami perkara tersebut dan belum menjelaskan secara rinci mengenai kronologi penangkapan SAN beserta perannya dalam kegiatan yang menyebabkan kerugian miliaran rupiah.

“Kami sedang mendalami apakah orang-orang yang membantu terselenggaranya kegiatan itu berperan secara aktif dan mengetahui dari awal tentang keadaan palsu yang ditawarkan tersebut,” tutur Iman.

“Seandainya itu bisa terpenuhi, maka kepada mereka juga bisa dikenakan Pasal Penyertaan,” sambungnya.

Baca juga: Babak Baru Kasus Penipuan yang Seret Nama Krisna Mukti

Sebelumnya, Polres Bogor mengaku menerima laporan beberapa mahasiswa IPB yang mengaku terjerat pinjaman online pada Selasa/Rabu 15-16 November 2022.

Modus pinjol yang menimpa ratusan mahasiswa IPB tersebut yaitu berkedok toko online. Para korban awalnya ditawari investasi dengan iming-iming keuntungan 10 persen di sebuah toko online.

Para korban mengaku diminta oleh pengelola toko online untuk mengajukan pinjaman online, selanjutnya uangnya diinvestasikan di toko online itu. []

Baca juga: Google News

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya