News Rabu, 20 Juli 2022 | 22:07

Ini Tujuan Kapolri Listyo Sigit Nonaktifkan Karo Paminal dan Kapolres Jaksel

Lihat Foto Ini Tujuan Kapolri Listyo Sigit Nonaktifkan Karo Paminal dan Kapolres Jaksel Kepala Divisi Humas Polri Irjen Polisi Dedi Prasetyo. (Foto: Humas Mabes Polri)

Jakarta - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Kepala Biro Pengamanan Internal (Paminal) Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdy Susianto dari jabatannya.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Rabu malam, 20 Juli 2022.

Dia mengatakan, penonaktifan ini dilakukan agar menjaga transparansi, objektivitas, dan akuntabilitas dalam pengungkapan kasus baku tembak antarpolisi di rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo beberapa waktu lalu.

Akibat baku tembak itu, Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J harus meregang nyawa.

"Untuk menjaga independensi tersebut, transparansi dan akuntabel pada malam hari ini bapak Kapolri memutuskan untuk menonaktifkan dua orang. Yang pertama Karo Paminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan, yang kedua yang dinonaktifkan pada malam hari ini adalah Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdy Susianto," kata Dedi.

Dia mengatakan, pengganti Kapolres Jakarta Selatan akan ditunjuk oleh Kapolda Metro Jaya. Ia menegaskan tim khusus terus bekerja dalam rangka menjaga objektivitas, transparansi, independensi.

"Sehingga tim harus betul-betul menjaga marwah itu sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri," ujarnya.

Dia mengatakan dalam pengungkapan kasus ini Kapolri Listyo Sigit berkomitmen agar tim bekerja secara profesional dan maksimal dalam melakukan proses pembuktian secara ilmiah.

"Ini merupakan suatu keharusan," kata Dedi.[] (ANTARA)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya