Daerah Jum'at, 07 Juli 2023 | 16:07

Inspektorat Pemko Siantar Gelar Sosialisasi Anti Korupsi

Lihat Foto Inspektorat Pemko Siantar Gelar Sosialisasi Anti Korupsi Inspektorat Pemko Siantar gelar Sosialisasi Anti Korupsi kepada seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Lingkungan Pemko, Jumat, 7 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Inspektorat menggelar Sosialisasi Anti Korupsi kepada seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Lingkungan Pemko.

Sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar itu, dilaksanakan di Gedung Serbaguna Setdako Pematang Siantar, Jumat, 7 Juli 2023.

Kepala Inspektorat Kota Siantar, Herri Okstarizal dalam sambutannya sebelum membuka sosialisasi menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memastikan proses pencegahan kesalahan, baik administrasi maupun yang sifatnya pidana atau perdata.

Kemudian, memastikan para peserta dapat memahami materi yang disampaikan narasumber, termasuk untuk perencanaan anggaran tahun 2024.

Herri menjelaskan, inspektorat berperan membantu wali kota untuk pembinaan dan pengawasan perangkat daerah.

"Dalam hal ini, inspektorat dibantu BPK dan BPKP," kata Herri.

Sosialisasi tersebut, lanjutnya, juga bertujuan agar PPK mampu mencegah perbuatan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

"Kesalahan tahun sebelumnya jangan terulang. Peserta sosialisasi ini diharapkan mampu mencegah perbuatan buruk dan menjadi agen anti korupsi di SKPD," tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Sosialisasi, Febri Susanto Ambarita dalam laporannya mengatakan, sosialisasi diikuti 63 orang PPK dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Siantar.

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari Kejari Pematang Siantar, yakni Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Symon Morris dan Kasi Intelijen Rendra Yoki Pardede.

Turut hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdako Pematang Siantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, para pimpinan OPD, dan PPK di lingkungan Pemko Pematang Siantar.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya