Daerah Selasa, 11 Januari 2022 | 16:01

Intip Calon Kuat Ketua Partai Demokrat Sumut 2022-2027

Lihat Foto Intip Calon Kuat Ketua Partai Demokrat Sumut 2022-2027 Muhammad Lokot Nasution, kandidat Ketua DPD Partai Demokrat Sumut. (Foto: tangkapan layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Partai Demokrat Sumatra Utara (Sumut) sudah selesai menggelar musyawarah daerah (musda) pada Senin, 10 Januari 2022 berlangsung di salah satu hotel di Kota Medan. 

Tiga calon ketua dengan suara terbanyak dalam musda tersebut, yakni Muhammad Lokot Nasution, Armin Simatupang, dan Tondi Roni Tua. 

Politisi Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan XIII mengungkap bagaimana alur penentuan seorang ketua tingkat provinsi di partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono tersebut.

Menurut anggota Komisi III DPR RI itu, setelah tiga nama kandidat dengan suara terbanyak satu hingga tiga, selanjutnya disampaikan ke DPP untuk mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan.

Baca juga: Demokrat Klaim Elektabilitas AHY dan Partai Terus Meningkat, Ini Sebabnya

"Naik ke DPP, ketiganya. Lalu fit and proper test di hadapan ketum, sekjen, dan kepala BPOKK," katanya lewat pesan WhatsApp pada Selasa, 11 Januari 2022.

"Lalu DPP yang akan menentukan siapa yang layak menjadi ketua setelah fit and proper test," sambung Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat tersebut.

Nantinya yang terpilih akan menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumut periode 2022-2027. 

Dalam musda, sebelumnya ada empat kandidat yang bertarung, yakni Muhammad Lokot Nasution, Armin Simatupang, Tondi Roni Tua, dan Parlinsyah Harahap.

Dari 34 suara sah, Lokot Nasution yang merupakan Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat meraih dukungan terbanyak dengan perolehan 14 suara. 

Baca juga: Kader Demokrat Bela Aksi Jeweran Edy Rahmayadi

Menyusul Armin Simatupang mendapat 11 suara, Tondi Roni Tua 8 suara dan Parlinsyah 1 suara. 

"Hanya tiga nama itu yang memiliki dukungan minimal 20 persen dari total pemilik suara sah," kata Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron dikutip keterangannya pada Selasa, 11 Januari 2022. 

Herman menyebut bahwa Musda IV DPD Partai Demokrat Sumut menjadi ajang rekonsiliasi bersama sehingga tidak perlu sampai terjadi perpecahan. 

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono lewat saluran virtual, berpesan nantinya ketua terpilih dapat memperkuat mesin partai, serta menyiapkan kader terbaik untuk Pemilu dan Pilkada 2024. 

"Saya berharap siapapun yang menjadi ketua DPD ke depan benar-benar bisa merumuskan strategi sekaligus mengimplementasikannya. Kami juga dari DPP akan mengawasinya. Kita berharap Demokrat jaya," kata putra SBY tersebut. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya