News Senin, 30 Mei 2022 | 17:05

Iqbaal Ramadhan Ikut Suarakan Isu Perubahan Iklim Lewat Hal Kecil

Lihat Foto Iqbaal Ramadhan Ikut Suarakan Isu Perubahan Iklim Lewat Hal Kecil Aktor Iqbaal Ramadhan. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Aktor Iqbaal Ramadhan mendukung penuh langkah brand produk kosmetik The Body Shop yang menginisiasi kampanye Be Seen Be Heard yang memfokuskan pada peran serta dan suara kaum muda yang lebih aktif lagi dalam menjawab isu perubahan iklim.

Berbicara dalam sesi konferensi pers kampanye Be Seen Be Heard, pada Senin, 30 Mei 2022, Iqbaal mengatakan bahwa dirinya telah memulai gaya hidup berkelanjutan. Menurutnya, menjadi change maker dalam hal berperan aktif terhadap efek perubahan iklim tidak perlu dimulai dengan hal-hal yang kompleks.

"Beberapa aksi yang bisa kita jalankan dari sekarang adalah dengan selalu membawa kantong belanja sendiri untuk mengurangi konsumsi kantong plastik," kata Iqbaal Ramadhan, dikutip Opsi pada Senin, 30 Mei 2022.

"Selain itu saya juga senang berbelanja di Thrift Store atau toko barang bekas yang harganya terjangkau bagi mahasiswa. Barang-barang yang didapat dari Thrift Store ini mendidik kita untuk menerapkan konsep re-use sehingga lebih ramah lingkungan," tutur dia.

Menurut Iqbaal, kesadaran mengenai gaya hidup berkelanjutan bisa ditularkan dalam berbagai gerak kecil sehari-hari. Dia bilang, sekecil apapun langkah yang dilakukan bakal memberikan inspirasi bagi yang lain.

"Sekecil apapun langkahmu dalam mengurangi efek perubahan iklim, jangan ragu untuk menyuarakannya melalui media sosial, ataupun dalam percakapan sehari-hari dengan teman-teman kita," tuturnya.

"Suara kita dapat menginspirasi lebih banyak lagi kaum muda dalam mencegah efek perubahan iklim," kata Iqbaal.

 Aktor Iqbaal Ramadhan. (Foto: Istimewa)

Sementara Head of Values, Community & PR The Body Shop Indonesia, Ratu Ommaya mengatakan bahwa secara global, kampanye Be Seen Be Heard ini telah diluncurkan di awal bulan Mei bersamaan dengan penerbitan laporan `Be Seen Be Heard: Memahami Partisipasi Politik Anak Muda`, yang dilakukan bersama antara The Body Shop dan Kantor Utusan Pemuda Sekretaris Jenderal PBB.

Laporan ini, kata dia, menunjukkan bahwa jutaan kaum muda di seluruh dunia saat ini tidak mendapat peran dalam sektor publik.

Menurutnya, dengan adanya isu krisis iklim, konflik global dan ketidaksetaraan generasi yang kian tajam, maka pendapat, perspektif dan representasi dari kaum muda di saat sekarang ini sangat dibutuhkan.

"Kampanye Be Seen Be Heard secara global bertujuan untuk menciptakan perubahan struktural jangka panjang dalam hal pengambilan keputusan agar lebih inklusif terhadap kaum muda," kata Ratu.

Baca juga: KLHK Bikin Pengelolaan Sampah di Java Jazz Festival 2022 Jadi Seru

Baca juga: Jaga Kelestarian Lingkungan, The Body Shop Indonesia Bangun Toko Kosmetik dari Sampah

"Di Indonesia, perubahan iklim adalah isu yang paling mengkhawatirkan dan telah mempengaruhi kehidupan masyarakat. The Body Shop Indonesia ingin mengajak kaum muda untuk lebih Dilihat dan Didengar (Be Seen Be Heard) sehingga bisa berperan aktif dan memegang peran sebagai "Change Maker". Kami mengajak anda untuk lebih lantang bersuara. Jadilah pionir dalam menanggulangi isu ini," ujar dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya