Pilihan Selasa, 11 Januari 2022 | 19:01

Isi Pidato Lengkap Ketum GAMKI di Hadapan Dubes Palestina dan Wamenag RI di Padang

Lihat Foto Isi Pidato Lengkap Ketum GAMKI di Hadapan Dubes Palestina dan Wamenag RI di Padang Perayaan Natal Nasional 2021. (foto: dok. Opsi).

Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI) Willem Wandik berpidato di hadapan Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid Sa`adi, Duta Besar Palestina Untuk Indonesia Zuhair SM Al-shun.

Beragam hal, Wandik sampaikan di depan para tokoh dalam menyambut acara Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kota Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Berikut isi pidato lengkap Ketum GAMKI Willem Wandik
 
Mengawali sambutan ini marilah kita memanjatkan segala puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah mengizinkan kita bersua di tengah kesibukan kita merayakan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam suasana damai dan penuh sukacita.

"Ba`a... kabanyo... ??? Bagaimana... kabar.. ???
 
Berbahagia rasanya diberi kesempatan untuk berjumpa di momen perayaan Natal Nasional Pemuda GAMKI tahun 2021, dengan Tema  “Bersehati Memelihara Kasih Persaudaraan” (Ibrani 13:3) dan Subtema: Mewujudkan Makna Natal Dengan Memelihara Kasih Persaudaraan di Tengah Kebinekaan.
 
Tema dan subtema tersebut mengingatkan bahwa GAMKI sebagai organisasi nasional juga turut andil dalam merawat tali persaudaraan tanpa memandang perbedaan dengan menjaga toleransi antar umat beragama. Termasuk juga memastikan kehadiran negara bahwa dalam rangka menjaga kesejahteraan kota dan melestarikan semua ciptaan Tuhan, peran semua stakeholder bangsa ini secara bersama-sama menjadi sangat penting.
 
Bapak, Ibu, Saudara, Saudari yang berbahagia!
 
Untuk kedua kalinya kita merayakan Natal di tengah pandemi Covid-19. Kita bersyukur, berkat kerja keras pemerintah, dan keterlibatan berbagai pihak, disertai semangat persaudaraan yang merupakan sifat hidup manusiawi, kita sudah berada jauh lebih baik dibandingkan beberapa waktu lalu. Namun, kita harus saling mengingatkan untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya varian baru, dari jenis mutasi Covid-19.

Hadirin yang berbahagia!
Pilihan DPP GAMKI melaksanakan Perayaan Natal Nasional di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, adalah untuk dapat melihat dan merasakan langsung bagaimana keberagaman hidup beragama di Sumatera Barat dan Kota Padang yang dijalani oleh masyarakat lokal dengan humanis.

Meski mayoritas masyarakat Minang beragama Islam. Namun, masyarakat Minang tidak memperbolehkan kasus penindasan atau pengucilan terhadap agama lain. Prinsip ini dipegang erat dan menjadi kontrol terhadap perilaku sosial dalam hidup bermasyarakat. Masyarakat memahami kemajemukan dan toleransi tidak dalam bingkai teoritis tetapi lebih kepada makna praktis dan aplikatif.

Hal yang sama juga dapat kita rasakan ketika berada di Papua, Maluku Sulawesi, Sumatera Utara, dan daerah-daerah lainnya. Banyak masyarakat Minang yang merantau dan bekerja di sana, dan dapat hidup damai dengan suku dan agama lainnya. Itulah wujud Indonesia yang kita cita-citakan. Tidak membeda-bedakan agama, melainkan bersatu untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Hal ini seirama dengan perjuangan GAMKI, baik dari tingkat pusat maupun daerah-daerah untuk mejadi komunitas yang menyuarakan semangat persatuan dalam kemajemukan, bahkan sampai ke negara-negara lain. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya Duta Besar Palestina untuk Indonesia dalam kegiatan Natal ini.

Dengan semangat perdamaian dan kemanusiaan, GAMKI selama puluhan tahun selalu konsisten untuk menyuarakan bahwa Pemerintah dan Rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina dengan solusi dua negara. Persoalan Palestina-Israel bukan persoalan agama tertentu saja, melainkan persoalan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab kita bersama.

Bahkan dalam Natal Nasional tahun 2020 lalu yang dapat kita lihat di pemberitaan, perwakilan Kedutaan Besar Palestina yang memberikan sambutan mengatakan bahwa di Palestina, warga yang beragama Islam, Kristen, Yahudi hidup damai berdampingan satu sama lain. Inilah yang juga kita rasakan di Indonesia, warga Indonesia yang berbeda suku dan agama hidup berdampingan dalam damai dengan bingkai Pancasila. Mari kita rawat persaudaraan ini bersama-sama.

Kami sangat bersyukur, kehadiran Duta Besar Palestina disambut baik oleh masyarakat dan pemerintah Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat. Dalam pertemuan antara Duta Besar, dan Universitas Negeri Andalas, disepakati akan ada kerjasama program beasiswa untuk pemuda-pemudi Palestina.

Begitu juga dengan Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Padang, telah disepakati akan ada kerjasama dengan Palestina dalam bidang pendidikan, teknologi, agama, sosial budaya, dan lainnya.

Mari Bapak, Ibu, Saudara, Saudari, kita berikan tepuk tangan dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Padang, dan Universitas Negeri Andalas.

Bapak Wakil Menteri dan hadirin yang kami hormati,

Dalam momentum hari lahirnya "Juru Selamat", yang diimani oleh umat Kristen di seluruh dunia, kami hendak memberi catatan yang seyogianya dapat membantu Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini:

1. Natal berarti "keadilan", sebab, tujuan Tuhan hadir ke bumi ini, untuk menegakkan hukum dan keadilan, dan menolong orang orang yang lemah, termarjinalkan dan terpinggirkan, sehingga hidup manusia menjadi tertib dan teratur, manusia akan menghindari perselisihan karena hadirnya rasa keadilan, dan pada gilirannya, manusia dapat memakmurkan bumi - berketurunan - berkeadaban - dan puncaknya kembali kepada Tuhan dalam keadaan bahagia.

2. Natal mengajak kita semua untuk saling mengasihi dengan segenap hati dalam kasih persaudaraan yang tulus dan ikhlas melalui tindakan belarasa. Yesus Kristus yang kita rayakan kelahiran-Nya mendorong kita untuk lebih kreatif mewartakan keadilan dan membawa damai sejati dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak yang signifikan secara sosioekonomi dan kesehatan. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan dan dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 baik peningkatan sistem kesehatan melalui program vaksinasi maupun strategi pemulihan ekonomi. Semoga pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat secara konsisten menjaga kondisi ini.

4. Keberagaman Indonesia adalah kekayaan yang harus kita rawat bersama. Maka GAMKI mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk selalu membangun semangat persaudaraan dan tidak membuat narasi-narasi yang provokatif, ataupun ikut-ikutan menyebarkan ujaran kebencian terkait suku, agama, dan golongan.

Hadirin yang Berbahagia!

Semoga kita semua diberi kesehatan dan hikmat oleh Sang Kepala Gerakan untuk melakukan hal-hal baik dan berguna bagi bangsa dan negara. Kiranya Sang Pemilik hidup, Tuhan Kita Yesus Kristus, Menyertai dan Memberkati Kita Semua.

Selamat Merayakan Natal Kristus Tahun 2021 Dan Selamat Tahun Baru Tahun 2022.

Cinta Tuhan Cinta Nusa Bangsa

Ora Et Labora…

Wawawa, Matur Nuwun, Horassss….

 

DPP Gamki Masa Bakti 2019-2022

 

 

Willem Wandik, S.Sos

Ketua Umum

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya