News Kamis, 02 Desember 2021 | 11:12

Isu Reshuffle Kabinet, Cak Imin Bilang Jokowi Belum Hubungi Partai Pendukung

Lihat Foto Isu Reshuffle Kabinet, Cak Imin Bilang Jokowi Belum Hubungi Partai Pendukung Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin merespons isu reshuffle atau perombakan pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Cak Imin mengatakan, isu perombakan Kabinet Indonesia Maju masih sebatas rumor.

"Itu masih bersifat rumor," kata Cak Imin pada acara `Training of Trainer Nasional Akademi Kader Militan (Akmil) DKN Garda Bangsa`, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021.

Dia menjelaskan, Presiden Jokowi selalu mengumpulkan atau menghubungi para ketua partai politik pendukung jika hendak me-reshuffle kabinet.

"Sampai detik ini belum ada. Bisa jadi mepet-mepet baru diajak bicara," ucap Cak Imin.

Selain itu, dia juga mengaku belum mendapatkan informasi terkati isu yang menyebut bahwa mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan bergabung dalam kabinet.

Mencuat desas-desus reshuffle Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan pada Rabu Pon 8 Desember 2021. Isu ini kian menguat dengan adanya pergantian tongkat kepemimpinan Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika Perkasa, serta Partai Amanat Nasional (PAN) yang bergabung ke koalisi pendukung pemerintah Jokowi-Ma`ruf Amin.

Dari isu yang berembus, sejumlah kursi kementerian bakal dikocok ulang, ada yang diisi nama baru. Hadi Tjahjanto sempat santer dikabarkan bisa menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) atau Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Terkini, kursi wakil Menteri ESDM yang sudah disiapkan Jokowi lewat perpres baru pun disebut-sebut sangat berkaitan dengan isu reshuffle yang dilakukan dalam waktu dekat.

Merujuk pada kebiasaan Presiden Jokowi dalam reshuffle, hari Rabu tanggal 8 adalah Rabu Pon. Mungkinkah Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle dalam waktu dekat ini?[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya