Daerah Senin, 05 Juni 2023 | 14:06

IVA Test Cara Deteksi Dini Hindari dan Mengatasi Kanker bagi Perempuan

Lihat Foto IVA Test Cara Deteksi Dini Hindari dan Mengatasi Kanker bagi Perempuan Ilustrasi IVA Test. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Siantar - Kaum perempuan, khususnya di Kota Pematang Siantar untuk rutin melakukan IVA Test. Tujuannya, mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. 

Staf Ahli Wali Kota Pematang Siantar Happy Oikumenis Daely menegaskan itu saat menghadiri acara Gebyar IVA Test Tahun 2023 di Makoramil 03/SS, Jalan Melanthon Siregar, Kota Pematang Siantar, Senin, 5 Juni 2023.

Happy Oikumenis mengatakan, kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia dan penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. 

Kanker kata dia, sebenarnya dapat didiagnosis secara dini. Deteksi dini kanker tidak hanya dapat menurunkan angka kematian akibat kanker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya.  

IVA Test dianjurkan untuk dilakukan kaum wanita yang berusia di atas 30 tahun. Khususnya wanita yang sudah melakukan hubungan suami- istri. Tes ini dapat diulang setiap lima tahun sekali.

Dalam IVA Test, bila hasil pemeriksaan ada yang harus mendapat penanganan khusus, maka bisa langsung diberikan tindakannya.

"Kami berharap kaum wanita bisa menjaga dan memperhatikan kewanitaannya, serta mau melakukan deteksi sedini mungkin," katanya.

BACA JUGA: Dokter Spesialis Sebut Akupunktur Bisa Atasi Efek Samping Kemoterapi Pasien Kanker

Pelaksanaan Gebyar IVA Test diharapkan bisa terus berjalan dengan lancar agar para wanita di Kota Pematang Siantar bisa terjaga kesehatan kewanitaannya dengan kesadaran sendiri.

Disebutkan, pemerintah bersama pemangku kebijakan lain harus bersinergi meningkatkan  kampanye pencegahan, deteksi dini, dan penemuan dini kanker melalui kegiatan preventif dan juga promotif.

Seperti kegiatan IVA Test yang berlangsung, juga perlu dilakukan penyebaran informasi melalui penyuluhan tentang kanker, baik di dalam maupun di luar gedung.

Pelakunya instansi pemerintah/swasta, yayasan, organisasi masyarakat/agama, sekolah dan universitas, serta melalui media cetak dan elektronik.

Gebyar IVA Test akan dijadikan momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap bahaya penyakit kanker. Serta mendorong pencegahan, deteksi dini, serta pengobatan kanker. 

Ketua Persit KCK Cabang XXXIV 0207/Simalungun Ny Tina Yossy menyampaikan apresiasi kepada tiga pilar, yaitu TNI, ASN, dan Polri serta stakeholder atas kontribusinya dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Saya juga mengimbau kepada ibu-ibu sekalian, mari kita deteksi dini kanker, baik individu maupun kelompok, yang akan mengurangi beban dan masalah kanker termasuk kanker serviks," ajaknya.

Ia juga berpesan kepada ibu-ibu yang mengikuti kegiatan tersebut agar tidak perlu takut untuk melaksanakan IVA Test. Sebab  hal itu sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyakit kanker serviks. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya