News Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:08

Jabatan Gubernur Andi Sudirman Tinggal Setahun, DPRD Sulsel Minta Tuntaskan Pembangunan Stadion

Lihat Foto Jabatan Gubernur Andi Sudirman Tinggal Setahun, DPRD Sulsel Minta Tuntaskan Pembangunan Stadion Stadion Barombong Makassar. (Foto: Opsi/RA)
Editor: Rio Anthony

Makassar - DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) mendesak Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) untuk menuntaskan pembangunan salah satu stadion yang ada di Makassar tahun 2023, menyusul masa jabatannya yang tersisa setahun.

"Untuk Stadion Mattoanging dan Barombong serta Stadion Sudiang, Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mendesak Pemerintah Provinsi untuk menyelesaikan atau menuntaskan salah satu stadion tersebut," ungkap Koordinator Harian Banggar DPRD Sulsel, Irwan Hamid kepada wartawan, Jumat malam 12 Agustus 2022.

Ia berharap Pemerintah Provinsi (Pempro) Sulsel menyiapkan anggaran di tahun 2023 untuk menyelesaikan salah satu dari tiga stadion tersebut.

"Di tahun 2023 agar disiapkan anggaran untuk menyelesaikan salah satu dari ketiga stadion tersebut," tuturnya.

Irwan juga meminta agar Pemprov sesegera mungkin dapat memanfaatkan anggaran yang belum terserap senilai lebih dari Rp 66 miliar. Anggaran tersebut terlantar sebab pembangunan Stadion Mattoanging mangkrak usai dua kali gagal tender.

"Mendesak Pemprov Sulsel untuk sesegera mungkin memanfaatkan anggaran yang telah teralokasi sebesar Rp 66 miliar lebih pada tahun anggaran 2022 ini," jelasnya.

Anggota Banggar DPRD Sulsel, Selle KS Dalle juga meminta agar salah satu dari tiga stadion tersebut dapat segera diselesaikan.

"Barombong lebih mudah dan murah dibanding Mattoanging, Pemprov bisa pilih untuk dituntaskan. Atau Sudiang karena di sana juga kan sudah jadi kawasan olahraga. Sekarang tergantung Pemprov mana paling murah dan mudah segera dituntaskan. Malu kita, Makassar tidak punya stadion representatif akibatnya PSM main di Parepare, latihan di Gowa," bebernya.

Tidak adanya sumber anggaran swasta dinilai menjadi penyebab utama tidak rampungnya stadion di Makassar, sebab pembangunan akan sulit jika hanya menggunakan APBD.

"Dulu kan sebenarnya sudah ada Rp 1,2 triliun untuk bangun Mattoanging pakai dana pinjaman PEN. Tetapi dikembalikan pak Gubernur (Andi Sudirman Sulaiman). Jika tidak dikembalikan (dananya), Mattoanging sudah selesai tahun ini, kan targetnya Februari rampung," jelasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya