Daerah Sabtu, 09 Desember 2023 | 16:12

Jadi Tuan Rumah Rakerwil APPI Sumut, Susanti Kenalkan Siantar Kota Toleransi

Lihat Foto Jadi Tuan Rumah Rakerwil APPI Sumut, Susanti Kenalkan Siantar Kota Toleransi Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menandatangani kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemko) Siantar dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Sumatra Utara (Sumut). 

Penandatanganan kerja sama tersebut bersamaan dengan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) APPI Wilayah Sumut di ruang Serbaguna Bappeda Siantar, Sabtu, 9 Desember 2023.

"Di sini kami hidup penuh toleransi dengan berbagai suku, ras, dan agama. Kota Pematang Siantar adalah miniaturnya Indonesia dengan slogan Sapangambei Manoktok Hitei, yang artinya bergotong royong untuk tujuan yang mulia," kata Susanti.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak peserta rakerwil untuk mengunjungi banyak situs sejarah dan wisata religi Siantar, termasuk UMKM serta kuliner yang bisa dikunjungi.

"Di sela-sela agenda rakerwil, dan esok city tour menggunakan becak BSA, yang merupakan ikon Kota Pematang Siantar," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dengan terpilihnya Siantar menjadi tuan rumah Rakerwil APPI Wilayah Sumut.

"Kami akan menjadi tuan rumah yang baik. Pada saat ini ada dua momentum yang begitu penting bagi kita, yakni penandatanganan kerja sama antara Pemko Pematang Siantar dengan APPI Wilayah Sumut serta rapat kerja.," tuturnya.

"Kiranya kegiatan ini dapat memperkuat perwujudan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju dalam penataan program serta kontribusi yang positif pada pembelajaran psikologi secara umum," sambung Susanti.

Susanti juga berharap momen rapat kerja menjadi saat yang tepat bagi APPI Wilayah Sumut untuk melakukan evaluasi, koordinasi, dan rekonsiliasi, khususnya di dalam penataan program-program yang dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan APPI itu sendiri.

"Dan tentunya ikut membantu di dalam mengoptimalkan pembelajaran, dan pendidikan psikologi secara umum di wilayah Sumatera Utara," ucap Susanti.

Ketua Panitia Rizty Desta Mahestri Ginting menjelaskan bahwa rakerwil berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (9 Desember 2023) dan Minggu (10 Desember 2023).

"Pembentukan panitia Rakerwil Sumut selama dua bulan sebelum raker, dan telah dilakukan beberapa kegiatan pra raker di antaranya pelatihan dengan praktisi 80 ilmuwan dan webinar nasional. Raker psikolog dihadiri 45 orang peserta dengan luring dan daring," kata Rizty Desta. 

Sementara itu, Ketua APPI Wilayah Sumut Tarmidi mengatakan kegiatan APPI berkaitan dengan pendidikan dan parenting, serta dapat saling bekerja sama. 

Rakerwil diharapkan bisa menghasilkan program-program kemasyarakatan agar masyarakat semakin paham yang menjadi kebutuhan psikologi.

"Saatnya kita memberikan peran dalam membangun bangsa dan negara dengan bidang pendidikan psikologi," ucap Tarmidi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya