Hukum Rabu, 25 Januari 2023 | 10:01

Jaksa Sebut Yosua Selingkuh dengan Putri Candrawathi, Keluarga Membantah dan Minta Bukti

Lihat Foto Jaksa Sebut Yosua Selingkuh dengan Putri Candrawathi, Keluarga Membantah dan Minta Bukti Putri Candrawathi saat memberikan ucapan penyesalan dan mohon maaf dalam sidang di PN Jaksel, Selasa, 1 November 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Isu perselingkuhan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dengan Brigadir Yosua Hutabarat kembali terangkat pada sidang tuntutan Kuat Ma`ruf, Senin 16 Januari 2023.

Kuat Ma`ruf juga mengaku dituduh berselingkuh dengan Putri.

Sebelumnya, dalam sidang tuntutan Kuat Ma`ruf, jaksa berpendapat tidak ada pelecehan seksual terhadap Putri. Jaksa bahkan menuduh Yosua berselingkuh dengan Putri.

Jaksa mengaku tak setuju dengan keterangan saksi ahli psikologi dari Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia, Reni Kusuma Wardhani, yang menyebut Putri mengalami kekerasan seksual.

"Kami menanggapi terkait keterangan ahli Dr Reni Kusuma Wardhani adanya kekerasan seksual bertentangan dengan keterangan ahli lain yang telah diambil sumpahnya, bahwa dalam Aji Febriyanto selaku ahli poligraf mengatakan saksi Putri terindikasi berbohong poligraf saat ditanya `Apakah Anda berselingkuh dengan Yosua di Magelang?` yang juga dinyatakan dalam BAP," kata jaksa saat membacakan tuntutan Kuat.

Berdasarkan pengakuan terdakwa, jaksa mengatakan tidak ada pelecehan seksual yang dialami Putri pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jaksel.

Jaksa menyebut Bharada Richard Eliezer dan ART Sambo bernama Susi tak tahu menahu terkait pelecehan seksual di Magelang.

Ditambah, jaksa juga tidak mendapat keterangan yang menyebut Putri mandi, ganti pakaian, atau menjalani pemeriksaan kesehatan usai mengalami pelecehan seksual.

Oleh karena itu, jaksa yakin Putri tidak mengalami pelecehan seksual.

"Dikaitkan dengan keterangan saksi Putri Candrawathi jika saksi Putri tidak mandi atau tidak ganti pakaian setelah kejadian pelecehan seksual, padahal ada saksi Susi yang merupakan pembantu perempuannya,"papar Jaksa.

"Saksi Putri Candrawathi juga sama sekali tidak memeriksakan diri usai pelecehan seksual, padahal saksi Putri Candrawathi merupakan dokter yang sangat peduli kesehatan dan kebersihan," sambung jaksa.

Adanya inisiatif saksi Putri untuk bicara dengan korban (Yosua) 10 sampai 15 menit dalam kamar tertutup setelah dugaan pelecehan, tidak ada saksi Ferdy Sambo meminta visum padahal Ferdy Sambo sudah pengalaman puluhan tahun sebagai penyidik.

"Tindakan Ferdy Sambo yang membiarkan saksi Putri Candrawathi dan korban dalam rombongan dan satu mobil yang sama untuk isoman di Duren Tiga serta keterangan Kuat Ma`ruf terkait `duri dalam rumah tangga`, sehingga dapat disimpulkan tidak terjadi pelecehan pada 7 Juli 2022 di Magelang melainkan perselingkuhan antara saksi Putri Candrawathi dan korban Yosua hutabarat," ucap jaksa dalam analisisnya.

Sementara itu, keluarga Yosua mengaku tidak percaya dengan pernyataan JPU yang menyebut Putri dan Yosua berselingkuh.

Hubungan Yosua dengan kekasihnya, Vera Simanjuntak saat itu baik-baik saja.

"Kami tidak yakin itu, tidak mungkin, hubungan si Yosua saja masih baik-baik saja pada saat itu. Kalau pun ada perselisihan antar kekasih sedikit-sedikit itu biasalah," ujar tante almarhum Yosua, Rohani Simanjuntak, Selasa 17 Januari 2023.

Ia juga mengatakan tak mungkin Yosua berselingkuh dengan Putri, apalagi selisih usia mereka cukup jauh.

"Tapi kalau jaksa bicara Yosua selingkuh sama PC (Putri) kami tidak yakin, ngapain selingkuh sama nenek-nenek," tegasnya.

Rohani meminta JPU untuk membuktikan jika memang Yosua melakukan pelecehan seksual terhadap Putri. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya