News Kamis, 29 Desember 2022 | 16:12

Jaluar Maros Bone Sudah Bisa Dilalui, Namun Pakai Sistem Buka Tutup

Lihat Foto Jaluar Maros Bone Sudah Bisa Dilalui, Namun Pakai Sistem Buka Tutup Batu besar menutup badan jalan di jalur Maros Bone. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Maros - Akibat jalan tersendat karena jalurnya buka tutup, polisi mengalihkan sebagian kendaraan ke jalur Buludua di Kabupaten Barru-Soppeng.

"Kondisi lalu lintas di Poros Bone-Maros masih tertahan. Makanya kita alihkan dulu lalu lintas di poros Buludua, Soppeng," kata Kasat Lantas Polres Soppeng AKP Saharuna, Selasa 27 Desember 2022.

Kendati demikian, Pertamina mengonfirmasi bahwa suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah Bone dan Sinjai tetap lancar.

"Tidak terganggu karena dialihkan sementara melalui Bantaeng dan Bukukumba," kata Senior Supervisor Communication dan Relations Pertamina Patra Niaga Sulawesi Taufiq Kurniawan, Rabu 28 Desember 2022.

Terkait korban longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros mengungkap ada enam orang korban.

Satu di antaranya meninggal, atas nama Ilham (48). Sedangkan sisanya yang bernama Dilla (16), Emi (47), Rimang (80), Adel (12), dan Cellung (2) dilaporkan menghilang.

Selain itu, tiga mobil juga dilaporkan hanyut terbawa longsor. Satu mobil hanyut saat sedang melintas, sedangkan dua mobil hanyut saat sedang parkir.

"Ada mobil yang hanyut. Ada dua tetapi kemungkinan bertambah satu yang mobil," kata Kepala Pelaksana BPBD Maros Fadli, Rabu 28 Desember 2022.

Tim SAR telah melakukan pembersihan material longsor. Polisi menyebut tiga alat berat diturunkan untuk melakukan pembersihan.

"Evakuasi material longsor sementara berlangsung. Sudah ada 3 alat berat yang beroperasi," kata Kasat Lantas Polres Maros AKP Supriyanto, Rabu 28 Desember 2022.

Kondisi lokasi yang diguyur hujan disebut sebagai kendala terbesar untuk membersihkan sisa-sisa longsor dari jalan tersebut.

"Jalan belum bisa tembus, masih pembersihan karena di lokasi diguyur hujan. Upaya pembersihan material longsor terus dilakukan," ujarnya.

Kini, akses ke Jalan Poros Maros-Bone sudah bisa dilalui. Namun, polisi menerapkan sistem buka tutup jalur.

"Sudah terbuka. Sudah bisa dilalui namun masih kita terapkan sistem buka tutup," kata Kasat Lantas Polres Maros AKP Supriyanto, Rabu 28 Desember 2022.

Buka tutup diberlakukan karena masih terdapat sisa tanah longsor di bahu jalan sehingga kendaraan hanya diperbolehka menggunakan satu jalur.

"Kita lakukan pergantian arus untuk Maros Bone. Begitupun sebaliknya," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya