Daerah Selasa, 28 Juni 2022 | 21:06

Jangan Lewatkan, Festival Bunga dan Buah di Berastagi 1-3 Juli

Lihat Foto Jangan Lewatkan, Festival Bunga dan Buah di Berastagi 1-3 Juli Festival Bunga dan Buah di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara pada 1-3 Juli 2022. (Foto: Ilustrasi)
Editor: Tigor Munte

Medan - Mumpung sedang libur sekolah, keluarga bisa mengajak anak-anak sekolah untuk menyaksikan Festival Bunga dan Buah di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara pada 1-3 Juli 2022. 

Ini adalah salah satu festival terbesar di Kabupaten Karo dan sudah rutin diadakan sejak tahun 80-an. 

Setelah absen dua tahun, perhelatan akbar ini siap kembali lagi buat menunjukkan kekayaan alam, budaya, sekaligus mengenalkan pesona wisata Berastagi. 

Festival tahunan ini juga akan menunjukkan semangat buat meraih kembali kejayaan wisata Karo di tengah pandemi dengan mengangkat tema “We Survived the Pandemic". 

Acara bakal dipusatkan di Lapangan Mejuah-juah, Berastagi. Kalau ke sana tetap menerapkan protokol kesehatan ya.

Nantinya event ini diawali pawai kontingen dan karnaval mobil hias. Kamu bakal melihat puluhan kendaraan yang dihias dengan aneka bunga, buah, dan sayur lokal. 

Bakal digelar pula aksi fashion show yang mengenakan pakaian hingga aksesori dengan nuansa bunga dan buah.

Nah, jangan sampai kelewatan. Pastikan hadir guna mengisi liburan sekolah. Festival Bunga dan Buah 2022 juga akan menghadirkan panggung hiburan rakyat yang akan dimeriahkan artis lokal dan nasional.

Ohya, festival kolaborasi Pemerintah Kabupaten Karo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini juga akan mempersembahkan pameran Menara Buah dan Bunga yang ukurannya super besar dan tinggi. 

Ragam komoditas unggulan Tanah Karo pun bakal disajikan, termasuk jeruk berastagi yang kelezatannya sudah terkenal. Kamu bisa menikmatinya di sana, gratis.

Baca juga:

Sound of Bumi Turang, Kolaborasi dan Komposisi Bunyi-bunyian dari Tanah Karo

Katanya, event ini bertujuan untuk mendorong bangkitnya ekonomi lokal dan bisa membuka banyak lapangan kerja.

Kamu bisa juga icip-icip berbagai kuliner, jajanan, dan kreasi minuman khas Indonesia dan Sumatra Utara di Pojok Kuliner. 

Event ini bakal menghadirkan program Kampung Kopi sehingga kamu bisa melihat aneka olahan kopi karo.

Ada banyak perlombaan yang bisa diikuti masyarakat. Ada lomba marching band, senam kreasi, tari kreasi multi etnis, vocal solo competition, dan lainnya. 

Sebagai catatan, Festival Bunga dan Buah salah satu event yang terpaksa harus absen karena pandemi. 

Perhelatan terakhir digelar 5-7 Juli 2019 dengan sangat meriah. Puluhan ribu orang dari berbagai daerah ikut nonton langsung.

Acara dibuka dengan pertunjukan tari tradisional dan pawai seni budaya Karo. Beragam kegiatan pun ikut memeriahkan perhelatan ini, mulai dari pameran, karnaval mobil hias, pawai, sepeda santai, dan bahkan ada acara kamping di Bukit Gundaling. 

Festival Bunga dan Buah 2019 menjadi tahun pertama pendirian stand Kampung Buah dan Kampung Kopi.

Tunggu apa lagi, segera siapkan semuanya untuk menuju Berastagi, Kabupaten Karo.  []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya