Daerah Kamis, 06 Januari 2022 | 17:01

Janji Kades Terpilih Desa Pong Lao Inovensius Abin

Lihat Foto Janji Kades Terpilih Desa Pong Lao Inovensius Abin Kades Pong Lao, Ino Abin bersama Camat Ruteng Lodi Moa saat membawa sambutan. (Foto: Opsi/Adrian Juru)
Editor: Rio Anthony

Manggarai - Kepala Desa Pong Lao terpilih Inovensius Abin, bertekad meningkatkan ekonomi kreatif melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pong Lao.

Inovensius dilantik pada 30 Desember 2021 kemarin oleh Bupati Manggarai Heribertus G.L. Nabit. Kemudian serah terima jabatan (Sertijab) dari penjabat desa sementara, Damasus Herong di Kantor Desa Pong Lao Kamis, 6 Januari 2022.

Pada kesempatan tersebut kepala Desa Pong Lao terpilih, Inovensius Abin menyampaikan tekadnya untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan merevitalisasi BUMDes.

Mantan Komisioner Panwascam Ruteng itu menginginkan masyarakat di desa itu bersinergi dan memberi kritik konstruktif dalam membangun desa.

"Apa pun kegiatan dan program saya sebagai pemimpin tanpa campur tangan masyarakat tentu tidak berjalan baik. Apalagi ke depannya kita ingin meningkatkan ekonomi masyarakat dengan melihat potensi desa," ujar mantan Panwascam itu dalam sambutannya.

Ino sapaan akrabnya, juga tidak menutup peluang dan partisipasi serta peran pemuda dalam membangun desa. Potensi pemuda desa kata dia harus difasilitasi untuk terus berkembang.

"Semua saran dan kritik yang bersifat membangun pasti akan di dengar. Kita juga membutuhkan peran anak muda yang akan diwadahi dalam kelompok karang taruna untuk membangun desa ini," tambahnya.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Ruteng, Ludovikus D. Moa pada kesempatan yang sama menitip harapan besar kepada Kades Inovensius, yakni menurunkan angka stunting di desa itu.

Tercatat dari data yang dihimpun, ada 94 kasus stunting dan empat kasus kematian bayi di desa tersebut.

"Saya berharap Bapak Kades baru untuk fokus urus masalah ini dan menurunkan angka stunting. Ini butuh kerja serius," pinta Camat Ruteng itu.

Selain itu Lodi Moa juga mengingatkan Kades Pong Lao agar menjalankan program sesuai visi misi Kades dan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai.

Lebih penting lagi kata Lodi adalah misi meningkatkan sumber daya manusia di desa itu paling penting.

"Jangan hanya urus infrastruktur fisik tetapi kualitas sumber daya manusia tidak di urus. Jadi urus dulu manusianya paling penting," tegas Lodi dalam sambutannya. []

Penulis: Adrian Juru

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya