Daerah Senin, 27 Juni 2022 | 13:06

JCH Kloter 12 Embarkasi Makassar Diberangkatkan ke Jeddah, Ini Total Jumlahnya

Lihat Foto JCH Kloter 12 Embarkasi Makassar Diberangkatkan ke Jeddah, Ini Total Jumlahnya Jemaah kloter 12 embarkasi Makassar. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Jemaah Calon Haji (JCH) klote 12 yang berjumlah 393, sudah diberangkatkan melalui Bandara Sultan Hasanuddin, menuju Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, dengan pesawat Garuda Airlines 1112, Senin 27 Juni 2022, pukul 00.15 Wita.

Usai salat Magrib, seluruh Jemaah Calon Haji menuju (JCH) dilepas di Aula Mina embarkasi Makassar.

Kepala Bidang Dokumen Haji dan Pelayanan Proses Biometrik PPIH embarkasi Makassar M. Tonang, melepas JCH, kloter 12 yang berasal dari dua Provinsi, yakni Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

"Selama bapak ibu di asrama haji ini ada beberapa rangkaian pemantapan yang dilakukan sebelum berangkat. Diantaranya sterilisasi dokumen, kesehatan, dan beberapa pemantapan manasik haji sehingga pelaksanaan ibadah haji di tanah suci dapat berjalan dengan baik," ujar M. Tonang, Minggu 26 Juni 2022 malam.

Kata dia, sebelum pelepasan, seluruh JCH menyanyikan lagu Indonesia Raya yang menandakan bahwa JCH adalah satu kesatuan dalam kloter 12 walaupun terdiri dari Kota Makassar, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Pangkep dan Provinsi Maluku Utara.

"Bapak ibu merupakan duta bangsa Indonesia yang nantinya akan ketemu dengan beragam bangsa dan budaya di tanah suci. Dengan itu kita harus tampilkan keramahan wajah Indonesia yang baik dimana bangsa Indonesia dikenal dengan jemaah yang tertib,"tegasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya