News Jum'at, 23 Desember 2022 | 21:12

Jelang Formula One Speed Boat F1H2O di Toba, Infrastruktur Terus Dibenahi

Lihat Foto Jelang Formula One Speed Boat F1H2O di Toba, Infrastruktur Terus Dibenahi Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pembangunan infrastruktur F1H2O di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Kamis, 22 Desember 2022. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Balige - Kabupaten Toba, Sumatra Utara, menjadi tuan rumah penyelenggaraan formula one speed boat atau F1H2O pada 24- 26 Februari 2023 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau kesiapan infrastruktur event berkelas dunia tersebut, Kamis, 22 Desember 2022.

Sandiaga hadir di Balige. Dia langsung menuju Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, yang akan menjadi lokasi media center, trauma center, area perkantoran bagi panitia F1H2O dan hospitality suite untuk tamu-tamu VVIP.

Kata Sandiaga, kedatangannya guna memastikan kesiapan F1H2O ready to go pada 24-26 Februari 2022.

"Kita akan adakan (balap) F1 di atas air dengan kecepatan (kapal) lebih dari 300 km/jam dan ini akan menjadi daya tarik luar biasa bagi destinasi super prioritas Danau Toba," katanya.

Baca juga: Catat Tanggalnya, 24-26 Februari 2023 Balapan Powerboat Kelas Dunia di Danau Toba

Dia berharap dengan kesiapan yang ada nantinya, diharapkan 25 ribu pengunjung hadir di event tersebut.

Menurut dia, event ini tak hanya memberikan pengalaman tersendiri bagi warga Kabupaten Toba, namun juga berdampak pada ekonomi lokal dan delapan kabupaten di Kawasan Danau Toba.

"Akan ada banyak wisatawan mancanegara yang datang," katanya, seraya menyebut balapan ini menurutnya akan digelar setipa tahun dan ditargetkan ada pertumbuhan.

Bupati Toba Poltak Sitorus mengakui akan terjadi pertumbuhan ekonomi lokal dengan event berkelas dunia tersebut.

"Manfaat ekonominya khususnya di wilayah ini akan memberikan dampak yang luar biasa baik bagi ekonomi rakyat maupun pertumbuhan pembangunan di tempat ini," kata Poltak.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya