Daerah Senin, 18 Maret 2024 | 15:03

Jelang Idul Fitri, Pemko Pematangsiantar Gelar Pasar Murah di Delapan Kecamatan

Lihat Foto Jelang Idul Fitri, Pemko Pematangsiantar Gelar Pasar Murah di Delapan Kecamatan Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani (tengah). (Foto:Istimewa)

Siantar - Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menggelar Pasar Murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Pasar Murah digelar di delapan kecamatan secara bertahap. 

Peresmian pasar murah dibuka langsung oleh Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, di Lapangan Pariwisata (Tugu Becak), Jalan Merdeka, Senin, 18 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Susanti mengungkapkan bahwa menjelang hari besar keagamaan, termasuk Hari Raya Idul Fitri, harga barang-barang kebutuhan pokok semakin naik. 

Oleh sebab itu, Pemko menggelar pasar murah yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan.

"Dengan adanya Pasar Murah, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan komoditi kebutuhan pokok. Selain itu Pasar Murah untuk mengurangi beban masyarakat serta mendekatkan produsen dan konsumen," kata Susanti.

Agar pedagang tidak menaikkan harga, sambungnya, dibutuhkan kerja sama Forkopimda Plus untuk memantau harga.

"Masyarakat juga agar bijaksana belanja. Belanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Plus, Bank Indonesia (BI), serta Bulog yang selama ini mendukung program-program Pemko termasuk dalam penyelenggaraan pasar murah.

Dia mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan di delapan kecamatan secara bertahap. Komoditi yang dijual antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, telur, tepung terigu, cabai merah, bawang merah, bawang putih, sayuran, ikan asin, dan ikan teri.

Jadwal Pasar Murah

Tanggal 18, 19, 20 Maret 2024 di Lapangan Parkir Pariwisata, Segitiga Sibatu-batu Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, dan Kantor Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba

Kemudian, tanggal 25, 26, 27 Maret 2024 di Kantor Camat Siantar Utara, Kantor Camat Siantar Timur, dan Kantor Lurah Bantan Kecamatan Siantar Barat

Selanjutnya, pada tanggal 1, 2, 3 April Kantor Lurah Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan, Kantor Lurah Sukamaju Kecamatan Siantar Marihat, dan Kantor Lurah Pematang Marihat Kecamatan Siantar Marimbun.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya