Daerah Kamis, 21 April 2022 | 10:04

Jelang Lebaran, Pasar Kota Aceh Barat Daya Mulai Rame

Lihat Foto Jelang Lebaran, Pasar Kota Aceh Barat Daya Mulai Rame Suasana pasar Kota Blangpidie di Aceh Barat Daya. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Menjelang hari raya Idul Fitri di akhir Ramadan ini, pusat pasar kota Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai rame. Kedatangan warga untuk membeli berbagai keperluan persiapan lebaran.

Pantauan Opsi, warga yang datang bukan saja masyarakat kecamatan terdekat, tapi juga dari kecamatan ujung ke ujung, bahkan dari Kabupaten tetangga seperti Nagan Raya dan Aceh Selatan.

Umumnya, kehadiran warga untuk membeli baju dan celana jadi untuk lebaran. Selain itu juga kebutuhan hidangan lebaran seperti kue kering dan basah.

Nursinah misalnya, dia datang ke pasar Blangpidie pada hari ini, Kamis, 21 April 2022 untuk membeli baju dan celana jadi lebaran untuk dua buah hatinya. Hal ini memang dilakukan setiap menjelang lebaran.

"Sudah menjadi rutinitas tahunan kita di Aceh. Mau lebaran pasti beli baju baru," kata Nursinah.

Selain itu, dia juga membeli baju koko dan peci untuk suaminya. Sementara ibu yang bekerja sebagai penjual kue kering ini membeli mukena baru untuk dia pakai saat salat Idul Fitri nanti.

"Saya beli mukena dan bahan-bahan untuk kue, kebetulan saya jualan kue kering untuk lebaran," ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan ibu rumah tangga bernama Susi. Bertemu di sebuah toko sendal pria dan wanita. Ibu ini sedang menawar sepasang sendal baru untuk dipakai anaknya saat lebaran nanti.

"Sudah mutar-mutar tadi cari yang pas. Ada yang pas sendalnya namun tidak pas sama duitnya. Kita orang sederhana ya tentu cari yang murah-murah saja," kata Susi.

Dia berujar, seorang ibu tentu harus pandai menyesuaikan pengeluaran di saat-saat seperti ini. Menjelang lebaran akan sangat banyak kebutuhan yang mestinya ada.

"Kalau saya asal ada walau murah enggak apa. Mesti berhemat, banyak keperluan. Belum lagi kebutuhan dapur," pungkasnya.

Untuk diketahui, di Aceh sudah menjadi rutinitas tahunan warga membeli pakaian baru di hari lebaran. Pakaian ini digunakan saat lebaran pertama ketika melaksanakan salat hari raya. Perangkat ibadah diganti dengan yang baru.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya